Mohon tunggu...
Salsabila Runi
Salsabila Runi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Psikologi Universitas Diponegoro

KKN TIM 2 UNDIP 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Sukseskan Pembelajaran Jarak Jauh, Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan Learning Journal

1 Agustus 2021   20:07 Diperbarui: 1 Agustus 2021   20:32 67 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sukseskan Pembelajaran Jarak Jauh, Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan Learning Journal
Dokumen pribadi

Semarang (31/07/2021) -- Pandemi COVID-19 menjadi topik serius yang marak diperbincangkan oleh masyarakat dunia, termasuk di Indonesia. Salah satu lapisan masyarakat yang terkena dampak COVID-19 adalah pelajar. Kebijakan baru yang diterapkan pemerintah yaitu "social distancing" mengharuskan masyarakat tidak diperbolehkan berada dalam keramaian/kerumunan massa, menjaga jarak dengan seseorang, dan melakukan aktivitas di rumah seperti isolasi atau karantina, sehingga seluruh pelajar diharuskan untuk melakukan kegiatan akademik secara online atau PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh).

Kebijakan ini merupakan tindak lanjut dari dampak meningkatnya angka Covid-19 di Provinsi Jawa Tengah seperti yang telah disampaikan oleh Plt Kepala Disdikbud Jateng Hari Wuljanto yang dikutip dalam situs resmi Pemprov Jawa Tengah (10/12/2020).

Pemerintah saat ini terus berupaya untuk selalu meningkatkan sistem dalam kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh, salah satu langkah yang diambil dalam upaya peningkatan hasil pembelajaran adalah dengan merancang program yang dapat dilaksanakan melalui partisipasi masyarakat, seperti parguruan tinggi, sukarelawan, dan organisasi masyarakat. 

Program tersebut adalah program Kejar Mutu. Kejar Mutu adalah upaya sistematis transformasi mutu pendidikan melalui langkah-langkah strategis yang solutif, integratif dan kolaboratif untuk meningkatkan mutu pendidikan. Kejar Mutu tahun 2020 difokuskan dalam rangka penanganan loss learning di wilayah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) dan Non 3T yang berpotensi terganggu pelaksanaan kegiatan belajarnya disebabkan karena keterbatasan sumber daya dan sarana prasarana.

Adanya perubahan sistem dalam kegiatan pembelajaran, pelajar merasakan culture shock dari yang sebelumnya melakukan pembelajaran tatap muka setelah adanya PJJ pelajar menggunakan berbagai aplikasi ataupun media online yang disediakan. 

Dalam hal ini mahasiswa KKN Undip berupaya memberikan strategi kepada pelajar agar tetap fokus dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan learning journal. Learning journal adalah sebuah dokumen yang secara terus-menerus bertambah dan berkembang, biasanya ditulis oleh seorang pelajar untuk mencatat setiap kemajuan belajarnya.

Arahan penggunaan learning journal dilaksanakan pada acara PKK di RW 02 Kelurahan Tinjomoyo yang dihadiri oleh ibu-ibu PKK. Mahasiswa KKN memberikan buku learning journal kepada ibu-ibu PKK yang memiliki anak yang sedang menempuh pendidikan Sekolah Menengah Atas. 

Selain itu mahasiswa KKN juga memberikan penjelasan tata cara penggunaan buku learning journal agar orang tua juga dapat mengontrol pembelajaran anak. 

Melalui ajakan menggunakan learning journal, diharapkan dapat membantu pelajar agar dapat lebih fokus dan lebih memahami materi yang dipelajari dalam pembelajaran jarak jauh.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x