Mohon tunggu...
Salsabila Roy
Salsabila Roy Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Do it with totality or leave it

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Aku dan Pilihanku

16 September 2020   11:21 Diperbarui: 16 September 2020   11:30 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pertanyaan:
1. Apa motivasi anda belajar Bahasa inggris?
2. Apa ekspektasi anda?
3. Bagaimana anda akan mendapatkanny?
4. Apa hobi Anda yang membantu Anda menyelesaikan tugas akademis anda di kampus?

Jawaban:

Apa motivasi saya belajar Bahasa inggris? Saya mempunyai tiga motivasi yang membuat saya sangat ingin belajar Bahasa inggris. Motivasi pertama saya dalam belajar bahasa inggris adalah diri saya. Kenapa saya menjadikan diri saya sendiri sebagai motivasi utama saya dalam belajar bahasa inggris? 

Jawabannya adalah karena sesuatu yang memiliki potensi kuat untuk menggerekkan saya dalam berkembang adalah diri saya sendiri. Bahasa inggris adalah pilihan pertama saya. Dan saya rasa ini adalah salah satu keputusan besar yang pernah saya buat karena akan menyangkut masa depan saya. Dan saya merasa ada "sesuatu" dari diri saya yang apabila saya kembangkan, maka saya akan bisa menjadi sukses. Dan saya rasa "sesuatu" itu adalah bahasa inggris. 

Motivasi kedua saya adalah keluarga saya. Saya baru berusia tujuh belas tahun, dan selama tujuh belas tahun dihidup saya, saya dikelilingi cinta dari keluarga saya. Awalnya keluarga saya kurang setuju saya memilih jurusan bahasa inggris. Mungkin karena mereka berfikir bahwa peluang kerja saya akan lebih kecil, dan mengingat bahwa kesehjateraan guru di Indonesia kurang terjamin. Namun, saya meyakinkan mereka bahwa saya memiliki rencana yang lebih besar.

 Akhirnya, merekapun mengizinkan saya. Dan hal itu sangat cukup untuk membuat saya mau belajar lebih giat. Karena saya memiliki janji yang harus saya tepati kepada keluarga saya. Lalu motivasi ketiga dan terakhir saya adalah masa depan. Saya membayangkan masa depan saya yang cerah bersama keluarga saya melalui bahasa inggris. Karena entah mengapa saya yakin bahwa saya bisa menjadi seseorang yang sukses melalui bahasa inggris. Sehingga saya sudah menyusun rentetan rencana yang harus saya jalani demi diri saya dan keluarga saya.

Apa ekspektasi saya? Jika kita membahas tentang ekspektasi maka kita akan berbicara tentang harapan, dan keyakinan tentang sesuatu yang akan terjadi di masa depan. Ekspektasi saya dalam berkuliah di Universitas Borneo Tarakan ini adalah mendapatkan ilmu, mengasah kemampuan dan mendapatkan akhlak yang baik. 

Dan tentunya saya berharap saya dapat lulus kuliah tepat waktu. Setelah itu, saya akan mencari beasiswa untuk melanjutkan pendidikan saya ke jenjang S2. Setelah melewati proses itu saya ingin menjadi seorang dosen dan seorang pembicara agar saya dapat berbagi ilmu dan pengalaman kepada orang banyak. 

Dan terakhir, ekspektasi tertinggi saya adalah kebahagiaan keluarga saya. Tentunya, semua itu tidak akan semulus saya mengetik tulisan ini. Namun, saya akan berusaha segiat mungkin agar apa yang saya tulis pada hari ini dapat menjadi realita di masa depan.

Bagaimana saya akan meraihnya? Saya akan membuat ekspektasi saya menjadi realita dengan cara giat belajar. Karena perkuliahan masuk di dalam rencana kehidupan saya, maka saat ini, saat saya sudah diberikan kesempatan saya akan menjalankannya dengan sebaik mungkin. 

Di kehidupan perkuliahan pun saya ingin aktif  dalam mengikuti organisasi dan perlombaan yang sekiranya dapat mengasah kemampuan saya dalam berbahasa inggris. Selain itu saya akan memperbanyak latihan baik dengan berbicara kepada diri saya sendiri, kepada teman saya, kakak saya dll. Disamping semua itu saya akan beribadah dan berdoa agar keinginan saya dapat tercapai. Karena saya sangat percaya dengan kekuatan doa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun