Mohon tunggu...
Salsabila Jauhara 21
Salsabila Jauhara 21 Mohon Tunggu... Bismillah

Semangat.....

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Anak Ingin Mencoba Segalanya

26 November 2020   22:06 Diperbarui: 26 November 2020   22:11 19 1 0 Mohon Tunggu...

Tahu atau tidak dengar nama "Eksperimen"????? Pasti tahulah karena sering didengar sama semua orang, apalagi anak usia dini. Dari arti singkatnya, Eksperimen adalah percobaan yang bersistem dan berencana (untuk membuktikan kebenaran suatu teori dan sebagainya) Kalau yang ini, pengembangan kreativitas melalui eksperimen dan sekarang kita menyimak eksperimen dalam pengembangan kreativitas.

Eksperimen (percobaan) adalah suatu proses rumit yang dikuasai anak dalam suatu cara untuk memahami konsep  sesuatu hal yang menguasai anak tentang konsep dasar eksperimen yang melainkan bagaimana mereka dapat mengetahui cara atau proses terjadinya sesuatu, dan  mengapa sesuatu dapat terjadi serta bagaimana mereka dapat menemukan solusi terhadap permasalahan yang ada dan pada akhirnya mereka dapat membuat sesuatu yang bermanfaat dan kegiatan tersebut.

Contoh kegiatan pengembangan kreativitas melalui eksperimen yakni 1). Anak mencampur warna ke warna lainnya dengan menggunakan krayon dan cat air. 2). Membuat patung atau istana dengan menggunakan pasir dan tanah. 3). Balon mengembang sendiri dengan menggunakan balon, soda kue, cuka, dan botol plastik. 4). Melayang di dalam air dengan menggunakan telur, gelas, garam dapur, dan air. 5). Pensil patah contoh pembiasan cahaya dengan menggunakan gelas bening, air bening, dan pensil. 6). Kompas sederhana dengan menggunakan mangkok yang berisi air,  jarum magnet, dan styrofoam atau benda ringan lain yang dapat mengapung di air. 7). Konsep tenggelam dan terapung dengan menggunakan baskom besar, air, sapu tangan, pensil, uang koin, botol plastik, kunci, dan batu. Di contoh tadi, anak dapat mengasah kemampuan dan menambah pengetahuan dan pengalaman yang belum pernah diketahui.

VIDEO PILIHAN