Pada era saat ini budaya yang berkembang begitu banyak dan penyebarannya pun sangat cepat dan jangkauannya sangat luas. Budaya populer juga berkaitan dengan budaya massa karena budaya populer ini dihasilkan oleh teknik - teknik industrial produksi massa yang disebarkan untuk mendapat keuntungan dari khalayak konsumen massa. Budaya ini berkembang tidak luput dari kemudahan --kemudahan dalam penggunaannya hingga reproduksi yang diberikan.
Cara pendekatan yang dipakai untuk masyarakat yaitu melalui sosial media. Karena pemilik akun sosial media di masyarakat sudah sangat pesat hampir semua masyarakat memiliki akun sosial media.
Karena keuntungan dan kemudahan dalam penggunaannya. Media sosial melihat karakteristik dari masing-masing pengguna melalui target - target pasarnya dan melakukan kesadaran palsu yang dapat membius masyarakat melalui pernyataan yang tersebar yang bertujuan untuk merebut hati masyarakat dan menggunakannya secara terus menerus.
Salah satunya aplikasi Tiktok yang menjadi aplikasi yang melejit populer di massa pandemic. Hampir semua kalangan, tidak hanya anak muda memiliki aplikasi ini.
Di setiap konten yang dibuat memiliki beberapa fitur hingga challenge yang menarik untuk diikuti. Seperti membuat video pendek dengan berjoget dengan diiringi musik dangdut, pop, jazz hingga cover lagu dari seseorang.
Dengan membuat konten video seperti itu banyak anak sekolah, guru-guru, pekerja hingga konten kreator mendapatkan manfaatnya.
Manfaatnya antara lain yaitu :
1. Personal Branding
Banyak dari anak muda yang menggunakan tiktok menjadi wadah bagi mereka melalui tiktok. Popularitas dan pengguna yang banyak dapat menjadi potensi jika ingin memulai influencer
2. bisnis
Di tiktok banyak sekali konten kreator yang saling memberikan rekomendasi barang, makanan, perlengkapan rumah tangga hingga tempat wisata menarik yang membuat penontonnya menjadi konsumtif. Hal ini membuat bertumbuhnya pebisnis baru.