Mohon tunggu...
salsabila
salsabila Mohon Tunggu... Administrasi - sastar.id

memaknai setiap arti kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Lulus SMA, Kuliah atau Kerja Dulu Ya?

6 Agustus 2022   20:58 Diperbarui: 6 Agustus 2022   21:10 119 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kalau kata penulis sih, selagi bisa dikerjakan keduanya, kenapa engga?

Problematika seorang pelajar yang akan lulus dari pembelajaran sekolah selama di sekolah menengah atas, yaitu memikirkan apa yang pilihan yang harus diambil setelahnya, 

walau kebanyakan pelajar sudah mengetahui apa yang akan diambil, entah dari dorongan orang tua, maupun dari keinginan sendiri yang memang sudah di susun sejak lama, sehingga saat menuju hari kelulusan tiba, mereka sudah tidak kebingungan lagi untuk mengambil pilihannya.

Bahkan tidak sedikit pelajar yang memang sudah difasilitasi oleh orang tua nya untuk diberikan bimbingan belajar diluar pembelajaran sekolah sebagai bekal nya nanti untuk memasuki perguruan tinggi setelah ia lulus dari sekolah menengah atasnya. Akan tetapi juga masih ada juga pelajar yang bingung akan pilihan yang akan diambilnya.

Kuliah atau kerja? Ini merupakan pertanyaan yang kerap muncul dalam pemikiran pelajar yang akan lulus dari sekolah menengah atas ini, mungkin bagi sebagian orang yang ekonomi keluarganya berkecukupan tidak akan bingung untuk memilih pilihan tersebut, karena kuliah tentu menjadi pilihan terbaik untuk meningkatkan tingkatan pendidikannya.

Lain halnya dengan beberapa orang yang mungkin tidak berkecukupan dalam hal ekonomi, sehingga ini menjadi pilihan yang cukup sulit, karena di satu sisi ia juga ingin untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya, akan tetapi disisi lain ia juga harus memikirkan kondisi perekonomian keluarganya, apakah memungkinkan untuk ia melanjutkan pendidikan atau tidak.

Walau sebetulnya memang banyak sekali beasiswa yang bisa diambil saat ini, yang dimana memudahkan kita untuk menerima pendidikan secara gratis dan bahkan beberapa beasiswa ini memberikan uang saku yang cukup sebagai penunjang kebutuhan saat menjalani perkuliahan nanti. 

Akan tetapi tetap saja, jika melihat ekonomi keluarga yang sedang tidak dalam kategori berkecukupan, dalam pemikiran kita pasti kita ingin turut membantu meringankan beban ekonomi yang ditanggung. Untuk itulah sering terjadi kebimbangan terhadap hal ini.

Mari kita kupas antara kedua pilihan tersebut

  • Kuliah

Jika kita mengambil pilihan ini dengan jurusan yang kita minati, maka tingkat pendidikan kita nantinya akan meningkat, yang dimana selain ilmu yang kita miliki nantinya akan bertambah, karena ada banyak wawasan tentang hal-hal baru yang sebelumnya tidak kita ketahui, tetapi saat kuliah kita jadi lebih mengerti secara khusus tentang bidang yang kita minati tersebut. 

Selain itu dengan kuliah juga bisa menjadi jembatan untuk meningkatkan taraf perekonomian keluarga, karena nantinya gelar yang kita dapatkan dari hasil pembelajaran kuliah bisa digunakan untuk mendapat pekerjaan yan lebih layak.

  • Kerja

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan