Mohon tunggu...
Salma Nabilla Azra
Salma Nabilla Azra Mohon Tunggu... Mahasiswi

Mahasiswi Ilmu Komunikasi LSPR Communication and Business Institute

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Kasus Positif Covid-19 Kian Meningkat, Disiplin Jaga Jarak Lagi Yuk!

24 Januari 2021   11:51 Diperbarui: 24 Januari 2021   11:56 63 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kasus Positif Covid-19 Kian Meningkat, Disiplin Jaga Jarak Lagi Yuk!
Illustration (Foto: freepik.com)

Sudah hampir setahun Indonesia menghadapi pandemi Covid-19 yang juga merupakan pandemi global yang dialami seluruh Negara. Namun, waktu demi waktu kasus Covid-19 di Indonesia alih-alih membaik justru kondisinya semakin parah.

Kasus positif  selalu mencetak rekor baru tiap harinya. Berdasarkan data Satuan Penanganan Covid-19, Indonesia telah mencapai lebih dari 900.000 kasus positif  dalam sepekan terakhir. Hal ini disebabkan oleh longgarnya kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah sejak awal hadirnya Covid-19.

Dilansir dari covid19.go.id, hasil pantauan tim Satuan Penanganan Covid-19 pada akhir November menyatakan bahwa tingkat kepatuhan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan mengalami tren penurunan. Dimana persentase kepatuhan masyarakat untuk memakai masker ialah 58,32% dan untuk menjaga jarak atau physical distancingpersentasenya ialah 43,46%.  Padahal untuk menurunkan angka positif dan kematian, minimal 75% dari populasi harus mematuhi protokol kesehatan.


Alasan Mengapa Jaga Jarak Masih Sulit Diterapkan Oleh Masyarakat

Masih banyak orang yang tidak menerapkan jaga jarak umumnya karena kurangnya kesadaran dan edukasi akan pentingnya menjaga jarak fisik pada saat ini. Selain itu, mungkin beberapa orang masih kebingungan bagaimana cara memperkirakan jarak yang efektif untuk menghindari penularan Covid-19.

Walaupun vaksin sudah ditemukan, kita tetap harus menerapkan jaga jarak fisik dengan orang lain pada saat ini. Penelitian observasional yang melibatkan beberapa Negara menyebutkan bahwa penerapan physical distancing dengan jarak minimal 2 meter dapat menurunkan resiko transmisi virus sebesar 2,6%.


Cara Memperkirakan Jarak 2 meter

Selain dengan mematuhi batas garis yang ada di tempat umum, tips lain untuk memperkirakan menjaga jarak sejauh 2 meter atau sekitar 6 kaki adalah dengan memperhitungkan panjang jarak rentangan tangan dari ujung jari kanan ke ujung jari kiri kita.


Manfaat dari Jaga Jarak

Selain dapat melindungi diri sendiri, dengan menerapkan physical distancing kita juga dapat melindungi orang-orang sekitar yang kita sayangi. Dengan diterapkannnya physical distancing secara benar dan tertib diharapkan dapat membantu pemerintah dan tenaga medis dalam menurunkan lonjakan kasus yang terjadi sekarang. Sehingga, Indonesia dapat terbebas dari pandemi dan dapat kembali seperti sedia kala seperti sebelum hadirnya pandemi.



VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x