Mohon tunggu...
Salma Nuraisyah
Salma Nuraisyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ilmu Komunikasi

Saya adalah seorang mahasiswa ilmu komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Politik

Peran Media Sosial terhadap Partisipasi Politik Pemilih Pemula

6 Juli 2023   02:35 Diperbarui: 13 Juli 2023   23:27 713
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

"Peran Media Sosial Terhadap Partisipasi Politik Pemilih Pemula"

Nama Penulis: Salma Nuraisyah-Fikom UBJ

Dosen Pengampu: Saeful Mujab, M.I.Kom

ABSTRAK

Dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, saat ini media sosial menjadi saluran komunikasi yang banyak digunakan di segala bidang, termasuk politik. Politik menggunakan media sebagai platform untuk komunikasi politik antara pemerintah dan warga negara. 

Masyarakat juga secara massif menggunakan media sosial untuk mencari informasi dan meningkatkan partisipasi politik, salah satunya adalah Pemilihan Umum (Pemilu). Beberapa penelitian menunjukan bahwa pemilih pemula secara aktif menggunakan media sosial dan menjadikannya sebagai sumber informasi utama mereka. Pemilih pemula sendiri merupakan pemilih yang paling berpengaruh dalam perebutan suara, khususnya melalui kampanye di media sosial. Pemilih pemula cenderung memilih pasangan yang aktif memberikan informasi lewat media sosial karena dianggap menarik dan mudah dijangkau.

Kata kunci: Media sosial, Partisipasi politik, pemilu, pemilih pemula.

ABSTRACT

With the development of information and communication technology, social media is currently a communication channel that is widely used in all fields, including politics. Politics uses the media as a platform for political communication between the government and citizens. 

The community also massively uses social media to seek information and increase political participation, one of which is the General Election (Pemilu). Several studies have shown that first-time voters actively use social media and make it their main source of information. Beginner voters themselves are the most influential voters in the struggle for votes, especially through campaigns on social media. Beginner voters tend to choose partners who actively provide information via social media because they are considered attractive and easy to reach.

Keyword: Social Media, Political Participation, novice voters

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun