Mohon tunggu...
Nadia Salavega
Nadia Salavega Mohon Tunggu... Suka membaca

Naik Gunung Itu Olahraga bukan Cuman Trend !

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Mengukur Tingkat Finansial di Usia Senja

3 November 2018   18:53 Diperbarui: 19 April 2020   22:24 432 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengukur Tingkat Finansial di Usia Senja
cara-mencapai-kebebasan-finansial-1-5e4ebddbd541df11285d5f92.jpg

Jika Usia Anda mendekati 40 Berapa Penghasilan Bulanan Agar Pensiun Sejahtera? Menarik memang jika  kita bicara masalah usia senja atau kata lain tentang "pensiun" di usia 55 tahun, mungkin lebih tepat di usia 65 tahun umumnya masa senja atau pensiun akan datang. Banyak negara maju standar "dana" pensiun sangatlah tinggi karena kebutuhan dimasa datang memang luar biasa besar.

Berapa banyak yang kita butuhkan untuk pensiun "nyaman" dimasa datang?, jika usia anda 40 tahun tau lebih tua dari saya maka anda harus memiliki saving 4 kali penghasilan tahunan anda. Menurut beberapa sumber di negara maju standar dana pensiun adalah 400 ribu dolar, angka yang yang besar sekali tentunya jika di rupiahkan dengan rincian sekitar 6 M, ya anda harus punya saving atau setidaknya aset senilai 6 M.

Sebelum pensiun memang alangkah baiknya bagaimana kita bisa menyusun sebuah rancangan bisnis yang mungkin bisa jadi akan dinikmatin oleh anak cucu kita dimasa yang akan datang. Anda bisa mulai belajar mencari brand bisnis baik offline dan online mungkin bisa cek panduan dan idenya disini https://patendo.com/nama-olshop-onlineshop/ .

Kemudian tentu saja bagaimana anda bisa mencari sebuah nama produk anda sendiri dengan mudah dan tentu mudah di ingat oleh orang lain dimana jika anda ingin membuat sebuah brand sendiri tentu kami sarankan anda cek juga panduang bagaimana cara menemukan sebuah merk yang menjual dalam sebuah artikel lengkap di bahas juga di link ini https://patendo.com/cara-membuat-merek/

Baik, kita lanjut bahasan yang awal ya mengenai kalkulasinya dalam bahasan berikut. 

Angka 400 ribu USD sebenernya untuk ukuran negara maju bukan angka yang "aman" beberapa konsultan menyarankan anda memiliki dana pensiun senilai 1 Juta Dollar. Jika usia anda 40 maka setidaknya saat ini anda harus mulai saving sebanyak $1,320 setiap bulan atau dibulatken 16 ribu USD setiap tahun agar bisa menghasilkan 1 Juta Dollar di usia 65 tentu saja jumlah saving anda harus meningkat setiap tahun mengikuti besaran gaji dan juga nilai dollar.

Berapa banyak pendapatan bulanan agar bisa saving diangka 15 sd 16 ribu USD setahun? menurut perhitungan "normal" dimana kita tidak perlu sangat ngirit setidaknya "saat" ini kita harus memiliki income 100 juta Rupiah perbulan dengan pertumbuhan sebesar 10 % setiap tahun, jika pendapatan kita dibawah 100 juta rupiah maka saat ini maka income tahunan harus naik tidak bolah hanya 10 % tapi 30 atu bahkan 50 %.

Kabar buruknya saat ini dinegara2 maju saja mayoritas orang dewasa hanya memiiki saving dibawah 1000 USD, di indonesia tentu lebih kecil. Kabar baiknya Indonesia di prediksi akan keluar dari middle trap di tahun 2035, artinya anda yang menjadi karyawan bisa berharap terus menikmati kenaikan gaji.

Pertanyaanya sekarang, bagaimana kita bisa dapet income 100 juta perbulan dan terus berkembang? kalau jadi karyawan gaji segitu perbulan baru sekelas manajer senior atau direktur, nah itu tugas kita masing2 untuk mikir. Persiapkan mulai sekarang.

Ada solusi rapid yang sangat potensial sebenernya, berkoperasi, menginvestasikan saving bareng2 dengan mendorong pertumbuhan income dengan berbisnis bareng. Siapapun bisa bergabung. Klo kita berbisnis ritel saja bisa mendapatkan margin 5 sd 10 % perbulan, artinya dalam 1 tahun income bisa naik gak cuman 10 % tapi 50 sd 120 % . menarik sekali bukan :D syaratnya ya kita harus memiliki "kecerdasan" kerjasama yang cukup

VIDEO PILIHAN