Mohon tunggu...
Nasha UJ
Nasha UJ Mohon Tunggu... Penulis - Full-Time Learner

Lulusan MSDM. Mantan Kreatif. Memproses Sustainable Motherhood. Menulis jg di salamnasha.com

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Fakta Unik Finlandia, Negara Paling Bahagia di Dunia

24 Maret 2023   15:31 Diperbarui: 24 Maret 2023   15:35 160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada International Happiness Day 20 Maret lalu, PBB kembali merilis World Happiness Report untuk yang kesebelas kalinya sejak diawali pada 2012 lalu. 

Laporan yang berlandasakan pada data survei global terhadap 150 negara ini, menderetkan ratusan negara-negara dalam peringkat negara paling bahagia di dunia

Riset ini dilakukan dengan penilaian yang dilakukan oleh warga setiap negara di dunia atas kualitas hidup mereka dengan variabelnya antara lain dukungan sosial, harapan hidup sehat, kebebasan menentukan pilihan hidup, kemurahan hati, tidak adanya korupsi, serta pendapatan (PDB per kapita).

Tahun 2023 ini, WHR kembali menobatkan Finlandia sebagai negara paling bahagia di dunia untuk keenam kalinya. Ini merupakan hasil evaluasi hidup rata-rata mereka selama tiga tahun sebelumnya yaitu pada 2020-2022. 

Selain Finlandia, negara tetangga Nordik lainnya juga termasuk dalam 10 besar negara paling bahagia di dunia yakni Denmark, Islandia, Swedia, juga Norwegia. Untuk menjawab rasa penasaran akan bangsa sendiri, Indonesia ada di urutan ke-84 dari 137 negara yang ada dalam peringkat tersebut.

Kira-kira kenapa ya negara yang terletak hampir di ujung utara bumi dengan iklim cukup ekstrem ini bisa terus diklaim sebagai negara paling bahagia di dunia?

  • Kesetaraan untuk Setiap Warga

Kehidupan para warga Finlandia hampir setara di semua aspek kualitas hidupnya. Sistem kehidupan ditata sedemikian rupa agar tiap warga negara mendapatkan fasilitas yang sama baiknya, ini mengacu pada tujuan mereka untuk fasilitas universal yang berkualitas baik, agar sistem mampu menjangkau semua warga secara komprehensif dan inklusi. 

Selain itu, Finlandia memiliki skor PDB per kapita yang tinggi, skor Indeks Persepsi Korupsi di peringkat paling atas terbaik di dunia, hingga tingginya persentase pekerja wanita. 

Dalam kesehariannya, warga Finlandia ini sangat memprioritaskan isu-isu hak asasi manusia seperti kesetaraan gender dan kebebasan informasi. 

Laman website adventure mendefinisikan warga Finlandia hidup dengan mengutamakan cooperation rather than competitiveness. Mereka hidup tenang dengan mengutamakan kesejahteran bersama, bekerja sama bukannya saling bersaing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun