Mohon tunggu...
Winan Sakkabumi
Winan Sakkabumi Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Just Ceklik

Take Nothing But Pictures Leave Nothing But Tracks

Selanjutnya

Tutup

Money

Di Tahun 2020, Berapa Biaya Epoxy Lantai?

20 Mei 2020   09:07 Diperbarui: 12 Juni 2020   09:27 844
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
tollywoodmonster.com

Awalnya digunakan dalam aplikasi komersial untuk menyediakan sealant yang tahan lama di atas beton polos, epoxy lantai menjadi semakin populer di garasi perumahan dan, berkat teknik dekoratif baru, bahkan interior rumah. Mengapa Anda memilih epoxy lantai daripada bahan lantai tradisional? Berapa harga jual epoxy lantai? Berapa biaya epoxy lantai?

Mengapa Memilih Epoxy Lantai?

Resin epoxy kadang-kadang disebut 2-pak epoxy karena terdiri dari 2 bagian - resin dan pengeras. Reaksi kimia terjadi dan setelah penyembuhan epoxy, ia menjadi lapisan yang sangat keras dan tidak berpori. Tidak seperti cat dan banyak jenis resin lainnya, epoxy juga merupakan lem. Ini membuatnya menjadi lapisan yang ideal untuk beton karena melekat pada beton dan tidak pecah atau mengelupas.

Epoxy dapat diterapkan langsung di atas beton baru atau, setelah beberapa persiapan permukaan, beton lama. Namun, dibutuhkan lebih banyak keterampilan untuk mencapai hasil yang menyenangkan secara estetika. Para ahli epoxy lantai mungkin mulai dengan menggiling permukaan beton. Kemudian mereka akan menambahkan zat pewarna atau zat tambahan lainnya ke epoxy untuk mengubah lantai beton biasa menjadi permukaan yang bergaya yang akan bertahan selama bertahun-tahun.

Efek yang dapat dicapai oleh ahli epoxy lantai dibatasi hanya oleh imajinasi:
- Pilih warna yang seragam
- Tambahkan serpihan warna untuk lebih banyak minat visual
- Buat efek berkerikil
- Permukaan seperti marmer atau granit dapat dicapai
- Lapisan logam tersedia dari beberapa pemasok
- Lantai bisa "dicap" untuk menciptakan efek ubin

Anda bahkan dapat memilih tingkat kilau dari matte hingga sangat halus.

Berapa Biaya Epoxy Lantai?*

Biaya epoxy lantai Anda akan tergantung pada:
- Harga jual epoxy lantai
- Berapa banyak persiapan permukaan yang dibutuhkan;
- Efek yang ingin Anda capai; dan
- Ukuran area yang Anda tutupi.

Sebagian besar layanan epoxy lantai dapat memberi Anda penawaran untuk lini produk standar mereka berdasarkan tarif meter persegi, tetapi jika persiapan permukaan lebih lanjut diperlukan, harga sebenarnya akan lebih tinggi. Sebagai aturan umum, harga jual epoxy lantai per meternya juga cukup terjangkau. 

Yaitu berada di dalam kisaran mulai dari Rp 95.000,00 hingga mencapai harga Rp 325.000,00. Dan semua itu berdasarkan atau sesuai dengan ketebalan medianya. Lalu untuk harga jual epoxy lantai mulai dari Rp 80.000 per kg nya. Bahkan produk epoxy lantai ada juga yang harga jual epoxy lantai dibandrol sampai dengan lebih dari Rp. 900.000. Akan tetapi harga tersebut sesuai dengan merk dan kualitasnya.

Dalam kebanyakan kasus, Anda akan mendapatkan tingkat yang lebih baik untuk permukaan yang lebih besar karena pengaturan dan persiapan waktu yang terlibat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun