Mohon tunggu...
Saiful Rizal
Saiful Rizal Mohon Tunggu... Ilmuwan - Mahasiswa di Universitas Islam Malang

Bodoh atau pintar itu bukan takdir, tapi itu adalah hasil.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Memahami Apa Itu CSR Beserta Contohnya

1 Desember 2022   14:35 Diperbarui: 1 Desember 2022   14:47 201
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

CSR adalah Corporate social responsibility “tehnik dalam mempertahankan konsumen yang mana ini dilakukan untuk meraih pelanggan dan loyalitasnya melalui pelayanan,brand image dan kualitas produk serta harga”.

Secara teoritis CSR sangat penting dan memiliki nilai ekonomi bagi perusahaan karena csr adalah teknik bagaimana dalam mempertahankan pelanggan dan mempertahankan pelanggan adlah nilai ekonomi dimana pendapatan yang akan kita dapat didapatkan melaui pelanggan tersebut. Dikabupaten probolinggo ada usaha ayam geprek yang bernama Geprek Bromo. Usaha Geprek Bromo usaha yang satu ini memberikan harga yang murah dibandingkan usaha geprek yang ada di probolinggo bukan Cuma harga tapi ada bonus berupa minuman gratis yaitu teh tawar dan air puti, juga tidak lupa nasi yang disediakan itu mengambil sepuasnya dan sambalnya ada 3 sambal variasi dan itu juga boleh diambil sepuasnya dan pelayanannya bagus sangat memperhatikan konsumen yang datang sehingga menurut saya ini menggunakan konsep yaitu konsep CRM.

Secara Empiris Kita berikan harga yang se ekonomis mungkin kepada masyarakat agar produk kita bisa diterima masyarakat kecil menengah dan keatas lalu berikanlah pelayanan yang baik sehingga pelanggan akan merasa tersentuh dengan pelayanan yang kita berikan setelah kedua itu dilakukan ingatlah mengenai kualitas produk kita haruslah baik,dan bekualitas. Kemudian akan terciptalah yang namanya brand image dan itupun akan tercipta juga pemasaran melalui word of mouth dan itupun gratis dari pelanggan yang akan menciptakan produk kita laris dipasaran.

CSR Dalam Perspektif Islam CSR dalam perspektif islam itu sangat baik karena bagaimana kita memberikan pelayanan, kualitas dan harga yang sangat baik sehingga 3 poin ini melambangkkan sifat NABI MUHAMMAD SAW. Dalam melakukan penjualan pada waktu itu, jadi CSR sangat selaras dengan sifat islam.

Tujuan CSR

Adapun tujuan CSR adalah sebagai berikut:

1. Mengharapkan izin sosial untuk beroperasi (social licence to operate).

  • Disini kita memerlukan izin terlebih dahulu sebelum menerapkan sistem CSR

2. Peluang mendapatkan penghargaan dan pengakuan dari masyarakat.

  • Setelah izin maka kita terapkan sistimnya yang kemudian sistim tersebut jika berhasil dan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat maka akan.

3. Memperbaiki hubungan dengan stakeholders.

  • Disini sistim csr dimana dala satu tujuan ada yang namanya memperbaiki hubungan dengan stakeholder atau yang berkepentingan dengan usahawan, bagaimana kita cara memperbaikinya dengan cara kita mengerti apa kemauan dari stakeholder lalu kemudan kita lihat apaakah sesuai dengan prinsip yang kita jalankan, jika dirasa sudah pas maka langsung kita sepakati.

4. Membuat pengurangan (mereduksi) risiko usaha dunia.

  • jadi dengan csr kita mengurangi resiko diakibatkan dari keharmonisan antara pengusaha dan stake holder

5. Memperbaiki hubungan dengan regulator.

  • jadi csr bukan hanya memperbaiki hubungan internal tapi juga eksternal seperti pemerintah sehingga dapat bekerja sama dalam satu tujuan.

6. Membentangkan akses menuju market yang lebih luas.

  • yang sudah disebutkan jika sistim csr ini berhasil maka akan mendapatkan yang namanya image dari masyarakat dan pemerintah yang kemudian setelah semua itu tercapai kita lanjut untuk tahap pengembangan pasar menjalin kerja sama dengan image yang kita telah miliki.

7. Meningkatkan semangat dan produktivitas karyawan.

  • Disini ketika market kita sudah besar ada yang namanya penambahan karyawan dan tentunya dorongan untuk meningkatkan kinerja karyawan, cara dalam meningkatkan kinerja dan semangatnya adalah dengan menggunakan yang namanya bonus penghargaan yang nantinya akan menciptakan persaingan secara positif.

8. Melebarkan akses sumber daya.

  • Melebarkan poin ini sama dengan poin yang nomor 6 tapi bedanya jika poin 6 membahas mengenai pemasarannya disini iyalah dimana sumber daya yang menjadi poin pentingnya, kita harus memperluas akses mulai dari internal dan eksternal yang kemudian nanti kita bisa berdayakan.

                                                                                                                  TERIMAKASIH

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun