Mohon tunggu...
Sahrul Nurcholis
Sahrul Nurcholis Mohon Tunggu... Lainnya - RESTFULL

Restfull solusi atasi insomnia anda

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Insomnia-Cara Atasi Susah Tidur yang Ampuh

18 September 2021   10:39 Diperbarui: 18 September 2021   10:50 84 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Insomnia-Cara Atasi Susah Tidur yang Ampuh
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Insomnia-Susah tidur merupakan kondisi yang umum terjadi,Nah , ada beberapa cara mengatasi susah tidur yang dapat dilakukan agar tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas. Dengan demikian, Anda pun bisa lebih produktif dan lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. 

Susah tidur atau insomnia merupakan kondisi saat seseorang kesulitan untuk tidur, sering terbangun di waktu tidur, atau bangun lebih cepat dan tidak bisa melanjutkan tidur kembali. 

Meski banyak orang yang menganggap susah tidur atau insomnia jadi hal biasa buat dirinya pribadi, padahal dampak insomnia untuk kesehatan itu sangat banyak dari mulai jangka pendek seperti sulit berkonsentrasi, mudah lelah, dan badan menjadi tidak bertenaga. Dalam jangka panjang, kondisi susah tidur jika dibiarkan akan memicu munculnya beragam masalah kesehatan, mulai dari penurunan daya ingat dan gairah sex hingga gangguan fisik dan mental.

Namun disini saya akan paparkan  Cara Mengatasi Susah Tidur :

Ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk dilakukan untuk memperbaiki kondisi susah tidur dan meningkatkan kualitas tidur antara lain :

1. Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari

Tak sedikit seseorang yang berbalas dendam tentang lama tidur,terutama pada orang yang beraktivitas/bekerja di weekday , biasanya dia akan tidur lebih larut pada saat besoknya libur dan bangun lebih siang. Padahal kebiasaan seperti itu dapat membuat jadwal tidur alami tubuh terganggu, Bahkan cara ini justru makin memperburuk kondisi susah tidur.

Oleh karena itu, usahakan untuk selalu tidur dan bangun diwaktu yang sama setiap harinya, tidak terkecuali di hari libur. Hal ini dapat membantu tubuh supaya terbiasa dengan ritme dan pola tidur.

2. Ciptakan suasana tidur yang nyaman

Agar dapat tidur lebih cepat, buatlah suasana kamar tidur menjadi senyaman mungkin. Matikan lampu atau batasi penerangan dengan lampu tidur saja dan atur suhu kamar agar tetap sejuk.

Sebisa mungkin jauhkan pula semua alat elektronik atau gadget sebelum tidur, sebab sinar dari alat elektronik dapat menyebabkan terganggunya produksi melatonin, yaitu hormon yang membantu Anda tertidur

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan