Mohon tunggu...
Sahat Marihot Tua Silaen
Sahat Marihot Tua Silaen Mohon Tunggu... Mahasiswa Logistik Bisnis PoltekPos Indonesia

Saya ini mahasiswa yang peduli kepada kesehatan, bisnis serta sektor logistik dan memiliki blog pribadi di Logistics Indonesia yang memiliki situs blog pribadi dengan alamat link web: https://logistiic.wordpress.com Jika anda berkenan boleh mengunjungi dan meramaikan kunjungan blog saya. Terimakasih. Saya termasuk peserta sebagai Blogger/ Umum.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Self Reward sebagai Ajang Aktualisasi Diri Secara Positif!

5 Maret 2021   20:35 Diperbarui: 5 Maret 2021   20:54 112 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Self Reward sebagai Ajang Aktualisasi Diri Secara Positif!
Self Reward, Penting/Kompasiana.com

"Melansir dari magazine.job-like.com dari seorang bernama Melisa bahwa self reward ialah salah satu dari lovely self (cintai diri sendiri). Dengan gaya hidup agar dapat menjaga kesehatan mental disadari oleh masyarkat zaman globalisasi belakangan Hari ini. Self reward yaitu bagaimana menghargai diri sendiri dengan cara yang sederhana. Dengan demikian kesadaran dari kebahagiaan diri sendiri menjadi bagian penting agar mengetahui cara terhadap diri sendiri menjadi bahagia dengan cara masing-masing", tutur salah seorang penulis dari magazine

Self reward ternyata sangat penting! Apakah diri Kompasiana bekerja tiap hari tanpa henti? Sampai lupa menghargai diri sendiri, hal tersebut penting tapi ada batasnya. 

Kalaupun tidak ada batasnya jangan-jangan nanti jadi toxic productivity. Jelas daripada diri anda tidak produktif demi menghindarinya dari jerat pada diri sendiri yang belum tentu akan bagus bagi kesehatan mental lebih baik agar Kompasiana harus menghargai pada diri sendiri (self rewards) ingat waktu agar memberi jeda pada diri sendiri dan juga pada lingkungan sosial yang ada pada diri sendiri. Ambil waktu me time agar dapat mengistirahatkan diri Kompasiana agar lebih baik dari sebelumnya.

Dengan mengistirahatkan diri dengan memberikan sesuatu yang berharga pada diri sendiri seperti setelah kerja kita memberi hadiah pada diri sendiri boleh dalam bentuk materi atau bisa juga dalam bentuk sifat yang abstrak. 

Kebahagian dalam bentuk materi seperti misal mengambil jatah makan yang enak-enak agar dapat mentraktir karena sudah mencapai sesuatu hal selain itu ada juga memberikan penghargaan pada diri seperti pada suatu saat kita mencapai sesuatu hal itu dengan mengatakan "wah, ternyata diri saya sendiri dapat melakukannya daripada orang lain tidak pernah mencobanya sama sekali, selamat yah atas pencapaian diri saya".

Kata kata tersebut boleh menjadi bahan motivasi agar dapat menyemangatkan diri sendir sebagai bentuk penghargaan dari diri sendiri. 

Self rewards dalam bentuk abstrak juga dapat diperoleh dari menerima atas kekurangan diri sendiri sebagai bentuk kelebihan agar dapat sebagai penghargaan, dapat berupa hal cinta kasih pada keluarga, teman, saudara maupun jika sudah punya pasangan. 

Boleh mengajak mereka agar dapat menghibur dari hiruk pikuk banyaknya kegiatan kerja yang belum tentu bagus untuk kesehatan kita tentunya Kompasiana.

 Apabila Kompasiana tidak memberikan self rewards pada diri sendiri, tentu! Hal ini sangat beresiko loh, hati-hati!!

Orang yang tidak memberikan rewards pada diri sendiri dapat membuat diri kita menjadi sangat arogan, sombong bahkan jadi egois pada diri sendiri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN