Mohon tunggu...
Sahabat Leuser News
Sahabat Leuser News Mohon Tunggu... Relawan - Kami Sahabat Leuser

Kami Sahabat Leuser adalah sebuah komunitas anak muda untuk melakukan sosialisasi, edukasi dan kampanye kreatif dalam pelestarian lingkungan secara umum dan secara khusus pada Kawasan Ekosistem Leuser

Selanjutnya

Tutup

Trip

Menikmati Keindahan Bunga di Kawasan Leuser

26 Februari 2024   22:30 Diperbarui: 26 Februari 2024   22:34 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh : Zahra Khairunisak Munte

Siswi SMA N 1 Kutacane

Pada saat kami telah tiba di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), saya memiliki tujuan utama Lebih memahami tentang bunga yang ada di Gunung Leuser. Pada saat pagi menjelang siang, saya dan beberapa teman kelompok saya mulai memasuki kawasan gunung untuk menemui banyak keanekaragaman hayati.

Setelah perjalanan yang cukup jauh, kami tiba di sebuah pohon besar yang di mana pohon itu merupakan pohon dari sebuah spesies bunga yang memiliki bunga berwarna orange dan terletak tinggi sekitar beberapa meter. Setelah bertanya kepada para pembimbing, saya mengetahui bahwa bunga yang sejak awal saya melihatnya tertarik itu bernama kembang kemarau. Ketika melihat bunga itu saya takjub dengan keindahan yang ditunjukkan oleh bunga tersebut.

Setelah itu kami berpindah ke lokasi selanjutnya, saya melihat bunga berwarna merah yang sangat indah dan di mana hal yang dimiliki bunga tersebut sehingga menarik perhatian saya adalah benang sarinya. Kami terus berjalan hingga bertemu dengan bunga bangkai yang telah layu dari masa siklus hidupnya. Walaupun bunga tersebut telah layu dari masa siklus hidupnya, bunga tesebut tetap sangat menarik untuk dilihat karena merupakan bunga yang sangat langka dan lama ditunggu untuk melihat masa mekarnya.

Sepanjang perjalanan saya lebih fokus kepada bunga-bunga yang telah saya temui. Mendaki, melalui jalan menanjak dan licin, dan ada juga jalan yang berlumpur, saya tetap merasa bahagia karena saya telah menemukan keindahan dari bunga yang sangat menarik perhatian saya.

Bunga yang sangat indah itu bunga yang sudah lengkap struktur tubuhnya maupun belum lengkap. Mengapa bunga sangat indah untuk diperhatikan? Bagi saya, bunga yang sangat indah itu terletak pada warna bunganya. Bagi teman-teman apakah yang menarik dari bunga?

Bunga melakukan penyerbukan dengan dibantu oleh angin maupun serangga. menariknya lagi, kupu-kupu dan serangga juga terpikat dengan indahnya sebuah bunga, apalagi kita manusia?

Selanjutnya, saat saya tiba di pertengahan tempat kami menelusuri hutan, saya melihat bunga kecil berwarna merah namun, lebih kecil dari bunga merah yang awalnya saya temui.

Bagi saya, hutan ini sangat indah dengan kekayaan dan keanekaragan hayati yang dimilikinya, terutama para flora dan fauna yang ada di kawasan Leuser tersebut. Banyak fauna yang kami temui, dan berbagai jenis jamur, semuanya sangat indah untuk dilihat, dipelajari dan dinikmati pemandangannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun