Mohon tunggu...
Sagita Regina
Sagita Regina Mohon Tunggu... Freelancer - Seorang Mahasiswa

Seorang mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pelaksanaan Bimbingan Al Quran bagi Murid TPQ dengan Mahasiswa KKN UM di Desa Selorejo, Dau

23 Juli 2021   11:37 Diperbarui: 23 Juli 2021   11:57 56 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pelaksanaan Bimbingan Al Quran bagi Murid TPQ dengan Mahasiswa KKN UM di Desa Selorejo, Dau
Dok. pribadi

Taman Pendidikan Al-Qur'an atau dapat disingkat menjadi TPA dan TPQ merupakan lembaga atau kelompok masyarakat yang mana menyelenggarakan sebuah pendidikan nor-formal dengan jenis keagamaan islam, dengan tujuan untuk memberikan pembelajaran baca tulis Al-Qu'ar dan dasar dinus islam sejak usia dini. Pada dasarnya TPA/TPQ setara dengan RA dan taman kanak-kanak (TK) dengan kurikulum yang ditekankan mengenai pemberian dasar membaca Al-Qur'an serta membantu pertumbuhan dan perkembangan rohani anak agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Dalam masa pandemi COVID-19 yang masih belum kunjung reda, pelaksanaan bimbingan baca tulis Al-Qur'an harus tetap dijalankan namun dengan mengikuti protokol kesehatan secara ketat. Oleh karena itu Mahasiswa KKN dari Universitas Negeri Malang khususnya di Desa Selorejo Kabupaten Malang sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan pihak Masjid Miftahul Jannah dengan membantu mengajarkan bimbingan belajar TPQ. Dalam pelaksanaan bimbingan belajar TPQ dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas Iqro 1-3 dan Iqro 4-6, setiap pertemuan Mahasiswa KKN UM mengajarkan ngaji kepada anak-anak dari Desa Selorejo. Mahasiswa KKN UM mengajarkan bagaimana membaca Iqro dengan benar sesuai dengan panjang pendek harakat maupun dari tajwidnya, hal ini membantu anak-anak TPQ untuk bisa lancar dalam membaca Iqro.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Kegiatan bimbingan belajar TPQ oleh Mahasiswa KKN UM di Masjid Miftahul Jannah Desa Selorejo, Kabupaten Malang, Kecamatan Dau, dimulai pelaksanaannya pada tanggal 24 Juni 2021 dan kegiatan berlangsung setiap dua minggu sekali selama 8 hari setelah Ashar. Selama pelaksanaan kegiatan Mahasiswa KKN UM tetap mengikuti dan mematuhi protokol kesehatan. Pada setiap pertemuan TPQ Mahasiswa KKN UM mengajarkan anak-anak TPQ Desa Selorejo dalam mengaji, setiap akhir pekan Mahasiswa KKN UM memberikan tebak-tebak berhadiah seperti hapalan surat pendek, cerita-cerita nabi, dan menyebutkan rukun islam untuk meningkatkan motivasi dan antusiasme murid dalam belajar sehingga pembelajaran dapat menyenangkan. Kegiatan ini juga didukung penuh oleh pihak dan pengajar TPQ.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN