Mohon tunggu...
Safety Mart Indonesia
Safety Mart Indonesia Mohon Tunggu... 19 tahun. Pekerja di Safety Mart Indonesia.
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

SAFETY MART INDONESIA adalah Distributor dan Supplier untuk kategori PRODUK alat safety di Indonesia. Sudah melayani pelanggan kami sejak MEI 2010 dan terus berkembangan dengan baik hingga saat ini. Kami akan terus melayani para pelanggan bisnis kami di Indonesia dengan proses procurement yang lebih efisien dan mudah.

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Cari Tahu, Yuk! Alat Wajib untuk yang Berkegiatan di Ketinggian

22 Oktober 2019   14:34 Diperbarui: 22 Oktober 2019   15:01 108 0 0 Mohon Tunggu...

Panjat tebing adalah suatu olahraga yang mengutamakan kelenturan dan kekuatan tubuh, kecerdikan serta keterampilan baik menggunakan peralatan maupun dalam menyiasati tebing itu sendiri dengan memanfaatkan alat batuan.Salah satu peralatan yang sangat penting dalam olahraga panjat tebing adalah harness.

Harness adalah salah satu perlengkapan untuk kegiatan di ketinggian, digunakan sebagai penghubung antara tubuh dengan tali pengaman. Jadi fungsi harness adalah agar pemanjat tetap terhubung dengan tali pengaman utama saat terjatuh. Selain itu harness juga bisa difungsikan sebagai tempat meletakkan peralatan lain yang digunakan dalam proses pemanjatan.

Harness tidak hanya dipakai dalam kegiatan panjat tebing saja tetapi juga untuk berbagai keperluan lainnya yang menyangkut kegiatan di ketinggian seperti rope access, vertical rescue, susur goa (caving) atau kegiatan seperti flying fox, tyrolean dan lain sebagainya.

BAGIAN -- BAGIAN DARI HARNESS

Bagian -- bagian dari harness :
1. Waist Belt (Sabuk Pinggang)
2. Legs Loop (Tali lingkar Paha)
3. Belay Loop (Tali melingkar untuk Belay)
4. Gear Loop (Tali melingkar untuk penggantung peralatan)
5. Buckles (Penggunci Logam)

BAHAN PEMBUATAN HARNESS

Harness terbuat dari webbing yaitu dari bahan nylon hight strength, kekuatannya mencapai 1.5 ton. Busa pad pada harness terbuat dari bahan breathable sehingga sangat nyaman digunakan walau dalam waktu yang lama.

JENIS -- JENIS HARNESS

Harness terbagi tiga yaitu seat harness (harness duduk), Chest Harness (harness dada) dan full body harness. Oleh karena pemakaian Chest harness harus dikombinasikan dengan pemakaian seat harness maka secara umum hanya dikenal dua jenis harness yaitu :

Seat Harness

Seat harness sering digunakan pada kegiatan olahraga diketinggian seperti panjat tebing karena memang dirancang untuk mereka yang sudah tahu betul dengan resiko berkegiatan diketinggian, dengan kata lain seat harness dipakai oleh mereka yang sudah paham betul bahwa terjatuh adalah bagian dari kegiatan memanjat. Harness jenis ini menyalurkan hentakan ke bagian tubuh yang kuat yaitu paha kaki. Harness ini sangat simple hanya melingkar dipinggang jadi tidak akan mengganggu pergerakan saat memanjat, kekurangannya adalah dengan harness jenis ini kemungkinan terjatuh dengan posisi kepala kebawah sangat besar.

Full Body Harness

Full body harness dirancang sebagai perlengkapan untuk bekerja di medan -- medan yang sulit di ketinggian seperti rope access juga dipakai untuk aktivitas vertical rescue, harness jenis ini melingkar mulai dari bahu hingga pinggang sehingga kemungkinan untuk jatuh dengan posisi kaki tetap dibawah. Full body harness bisa menahan tekanan jatuh lebih baik dari seat harness.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x