Mohon tunggu...
Safa Buana Ramadhani
Safa Buana Ramadhani Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030145

Masih belajar menulis maaf kalau berantakan, semoga artikel disini bermanfaat. Selamat membaca semuanyaa!

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Warna Kulit Belang? Yuk Simak Tips Meratakan dengan Cepat dan Efektif

24 Juni 2021   01:41 Diperbarui: 24 Juni 2021   01:46 96 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Warna Kulit Belang? Yuk Simak Tips Meratakan dengan Cepat dan Efektif
Sumber: IDN Times

Buat kalian yang sering melakukan aktivitas di siang hari yang panas seperti naik motor, berolahraga atau tuntutan pekerjaan lapangan pasti gampang banget kulit menjadi kusam apalagi belang. Apakah kalian termasuk orang yang memiliki permasalahan seperti ini?

Warna kulit yang tidak merata merupakan permasalahan yang banyak dikeluhkan sebagian orang terutama wanita, hal seperti ini biasanya membuat malu atau tidak percaya diri untuk keluar rumah bertemu orang-orang.

Apa sih arti kulit belang itu? Kulit belang adalah penampakan kulit yang tidak rata dengan warna kulit asli. Orang dengan kulit belang bisa jadi memiliki warna yang lebih terang atau lebih gelap dari aslinya. Kebanyakan orang yang sering terpapar panas memiliki warna belang yang lebih gelap dari kulit aslinya.

Sumber: GRID
Sumber: GRID

Sebelum membahas mengenai lebih lanjut, kita harus tahu dulu apa yang menyebabkan warna kulit kita menjadi tidak rata, bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti masalah hormon atau sering terpapar sinar matahari. Jika terpapar sinar matahari tubuh kita otomatis memproduksi pigmen yang bernama Melanin.

Pigmen Melanin adalah pigmen yang memberikan warna pada kulit, bola mata, rambut dan bibir. Tujuan melanin adalah untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Tetapi jika terkena sinar matahari secara menerus kulit kita akan menciptakan lebih banyak melanin. Pigmen inilah yang membuat bagian tubuh tersebut menjadi terlihat berwarna lebih gelap.

Semakin banyak sel kulit kita yang menumpuk  dapat membuat kulit kita semakin gelap. Ada faktor lain juga bisa karena hormon, saat sedang hamil ataupun bisa karena reaksi penggunaan kosmetik yang tidak cocok di kulit kita.

Perlu kita ketahui, bahwa kulit menggelap itu sebenarnya bisa kembali ke warna kulit kita yang semula tanpa kita melakukan treatment atau semacam perawatan kulit apapun tapi memang untuk hasilnya membutuhkan waktu yang sangat lama, bisa hingga berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan tergantung bagaimana kondisi pada kulit kita.

Oleh karena itu, sebaiknya ketahuilah beberapa cara untuk menghilangkan kulit belang agar  kulit yang terlihat gelap tadi menyatu dengan warna kulit yang asli. Yuk simak, ada beberapa tips agar warna kulit kita jadi lebih cepat kembali seperti semula dan efektif!

  1. Menggunakan Tabir Surya

Paparan sinar matahari memang dapat membuat kulit menjadi tidak merata. Menggunakan tabir surya andalan adalah salah satu cara paling ampuh agar kulit belang tidak bertambah parah. 

Lalu, bagaimana memilih tabir surya yang baik? Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih yang bisa diandalkan untuk aktivitas di luar ruangan, carilah tabir surya yang bertekstur ringan seperti air yang tidak lengket agar mudah meresap di kulit . Aplikasikan secara rutin setiap akan keluar rumah, agar kulit terlindungi secara maksimal.

 2. Mengeksfoliasi Kulit

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN