Mohon tunggu...
Saepul Nuriman
Saepul Nuriman Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

notyet

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mengatasi Rasa Jenuh Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19

30 Juli 2021   05:00 Diperbarui: 11 Agustus 2021   16:18 54 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengatasi Rasa Jenuh Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi Covid-19 telah mengubah pembelajaran yang seharusnya dilaksanakan secara tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh atau dilaksanakan secara daring. Karena kasus positif Covid-19 semakin meningkat. Meningkatnya kasus covid 19 pemerintah memberlakukan kembali PPKM darurat mulai tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021 khusus untuk wilayah di Pulau Jawa dan Bali. Bupati Kuningan menuturkan, bahwa Presiden RI memutuskan untuk memberlakukan PPKM Darurat, sejak tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021 khusus di Jawa dan Bali.

Pelaksanaa pembelajaran daring merupakan salah satu model pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi Covid-19. Karena dalam prinsip kebijakan pendidikan pandemi Covid-19 adalah mengutamakan kesehatan dan keselamatan para peserta didik, para pendidik, tenaga kependidikan, keluarga dan masyarakat pada umumnya dalam rangka pemenuhan layanan pendidikan selama pandemi.

Belajar daring selama masa pandemi ini menjadi kendala bagi siswa, tak terkecuali salah satu sekoah yang ada di kabupaten kuningan yaitu SD Negeri 17 Kuningan. karena kegiatan belajar yang biasanya dilakukan di sekolah dikerjakan di rumah. Jadi tidak heran, jika banyak siswa mengeluh akibat dari pembelajaraan sistem daring ini. Karena mereka mengalami kejenuhan pada saat belajar daring dan merasa kehilangan semangat tidak berinteraksi dengan teman maupun guru. Apalagi pada masa pembatasan aktivitas di luar rumah dan imbauan pemerintah di rumah saja.

Siswa yang hari-harinya mengerjakan tugas lewat handphone. Ia akan merasa bosan karena setiap hari mengerjakan tugas, tidak bisa bermain dan bercanda dengan teman sekelasnya sehingga terkadang menjadi malas untuk segera mengerjakan tugasnya. Dalam keadaan serta terbatas ini, jenuh belajar menjadi hal yang wajar dialami oleh semua siswa. Banyak siswa mengeluh akibat pembelajaran sistem daring yang diterapkan karena mereka merasa bosan mengalami kejenuhan pada saat belajar sistem daring.

Sedangkan upaya untuk mengatasi kejenuhan saat belajar daring diperlukan cara-cara sebagai berikut, pertama, membuat tempat belajar yang nyaman. Tempat belajar memang seringkali menjadi hal yang kurang diperhatikan dalam proses pembelajaraan. Kenyamanan dalam tempat belajar merupakan salah satu faktor terpenting untuk melakukan pembelajaran dengan kondusif dan nyaman. 

1) Mengatur waktu yang tepat. Waktu belajar harus disesuaikan dengan kebiasaan sehingga bisa dikerjakan dan berkonsentrasi dengan baik. 

2) Istirahat. Istirahat sangat diperlukan agar tubuh kembali segar karna belajar daring secara tidak langsung menatap layar komputer atau handphone. 

3) Komunikasi dengan teman. Harus tetap wajib menjaga komunikasi dan berhubungan dengan teman walaupun belajar di rumah. 

4) Metode belajar. Sesuaikan metode belajar yang sesuai dan yang paling disukai. 

5) Waktu menghibur diri. Belajar terus menerus dengan melihat handphone dan memaksakan diri tentu saja tidak baik untuk kesehatan mata dan mengakibatkan kejenuhan. 

Untuk menghindarinya, perlu mengambil sedikit waktu menghibur diri dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan dan bisa menghibur diri. Selain itu peserta didik juga bisa refreshing untuk mengatasi kebosanan dan kejenuhan dengan bersepeda atau main game dan mendengarkan musik.

Nama Mahasiswa : Saepul Nuriman

Nama DPL : Rina Maryanti S.Pd,. M.Pd
Kelompok 55

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN