Mohon tunggu...
saeful arifin
saeful arifin Mohon Tunggu... Pendidik dan Penulis

Mengajar di SDN Pejagalan 09, Jakarta Utara

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pemanfaatan, Hambatan, dan Solusi TIK

21 November 2020   07:58 Diperbarui: 26 April 2021   16:08 3697 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pemanfaatan, Hambatan, dan Solusi TIK
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (haidan/unsplash)

Pelaksanaan TIK dalam Pembelajaran

Teknologi Informasi dan Komuniksi (TIK) saat ini perkembangannya begitu pesat. Perangkat teknologi seperti computer, laptop, gawai dan jaringan internet sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh manusia. Sehingga kehidupan manusia saat ini tidak jauh dari teknologi. Perkembangan TIK sangat berpengaruh terhadap segala aspek kehidupan manusia, termasuk dunia pendidikan. Oleh karena itu, penting bagi pendidik dan peserta didik menguasai dan memanfaatkan TIK dalam pembelajaran.

Berdasarkan Permendiknas No 16 tahun 2007 tentang kualifikasi dan kompetensi guru, pendidik harus memiliki kompetensi pedagogic, professional, kepribadian, dan sosial. Pendidik dituntut untuk menguasai dan memanfaatkan TIK dalam pembelajaran untuk meningkatkan kompetensinya. Melalui TIK mutu pengajaran dan pembelajaran di lembaga pendidikan dapat meningkatkan mutu pendidikan.

Pada era industry 4.0, diharapkan pendidik dan peserta didik sudah terbiasa dalam menggunakan teknologi sebagai sarana informasi dan komunikasi. Dalam dunia pendidikan, sudah selayaknya penggunaan teknologi diterapkan dalam proses pembelajaran. Hal ini dilakukan supaya proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan menarik minat peserta didik.

Penggunaan teknologi dalam kelas yang dilakukan oleh seorang pendidik secara sederhana adalah penggunaan laptop dan layar proyektor. Melalui sarana ini pendidik diharapkan mampu menguasai teknologi penggunaan laptop dan perangkatnya sebagai media pembelajaran. Pendidik dapat mengasah keterampilan dan meningkatkan profesionalismenya dalam menguasai teknologi. 

Selain itu dapat meningkatkan minat belajar dan motivasi tersendiri bagi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Pendidik dan peserta didik dapat mencari sumber belajar yang tak terbatas melalui jaringan internet.

TIK merupakan salah satu kekuatan pendorong dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas tinggi. TIK dapat meningkatkan mutu pengajaran, pembelajaran dan manajemen di sekolah dan sehingga membantu meningkatkan standar (Livingstone, 2012). Saat ini, seiring dengan perkembangan dan kemajuannys, TIK mampu memberikan solusi dan layanan baru untuk kegiatan pendidikan. 

TIK dapat menawarkan alat baru untuk meningkatkan pengetahuan. Penggunaan TIK dalam pendidikan telah meningkatkan minat peserta didik. Meskipun alat TIK semakin populer, banyak guru masih memiliki tantangan untuk mengintegrasikan alat TIK dalam kegiatan pembelajaran (Nikolopoulou dan Gialamas, 2016).

Pada saat ini penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan sudah menjadi hal yang wajib digunakan. Apalagi sejak mewabahnya covid-19 yang melanda seluruh dunia dan Indonesia salah satu yang terkena dampaknya. Proses pembelajaran yang tadinya dilaksanakan di dalam kelas secara tatap muka, maka saat ini berubah menjadi pembelajaran jarak jauh

Peranan teknologi dalam hal ini sangat diperlukan agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar. Sehubungan dengan hal tersebut, semua aspek yang terlibat harus dimaksimalakan. Baik dari perangkat yang dimiliki pendidik dan peserta didik, jaringan internet dan kuota yang dimiliki.

Hambatan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x