Mohon tunggu...
Sadri Adam
Sadri Adam Mohon Tunggu... Guru - Serious, Good Listener, Interest to new things

Guru Pariwisata SMK Negeri 1 Takengon, Aceh - Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Menjadi Kepala Sekolah, "Pintar" Saja Tidak Cukup?

6 Februari 2022   12:24 Diperbarui: 6 Februari 2022   12:26 266 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Secara sederhana kepala sekolah dapat diartikan sebagai seorang fungsional guru yang diberikan tugas tambahan untuk memimpin satuan pendidikan yang menyelenggarakan proses belajar mengajar. Kepala sekolah menjadi puncak pimpinan tertinggi di sekolah yang akan memberikan pengaruh hebat terhadap kemajuan sekolah. Dengan demikian jabatan kepala sekolah dewasa ini menjadi posisi yang strategis dalam mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik.

Pada era revolusi industri 4.0 saat ini menjadi seorang kepala sekolah tentu saja tidak cukup dengan modal pintar saja, namun ada beberapa hal yang sepatutnya dimiliki, diantaranya:

1. Menjadi Teladan

Sosok kepala sekolah pada suatu pendidikan akan menjadi "role model" bagi seluruh warga sekolahnya, baik dan buruknya perilaku yang diperlihatkan akan menjadi cerminan dan tentu mendapatkan penilaian tersendiri bagi warganya. 

Sejatinya perilaku teladan yang diperlihatkan baik saat sedang bekerja maupun di luar jam kerja dapat dipertahankan oleh seorang kepala sekolah guna menumbuhkan pemikiran positif bagi orang lain yang bisa jadi akan menjadi regenerasi kepala sekolah di masa yang akan datang. 

Contoh sederhana bentuk dari keteladanan seorang kepala sekolah adalah tutur kata yang bersahaja, pengambilan keputusan yang tepat dan merata, serta memiliki tingkat emosional yang matang.

2. Kreatif dan Inspiratif

Kreatif dan Inspiratif merupakan dua hal yang senantiasa berjalan berdampingan bagi seorang kepala sekolah dalam menjalankan roda pendidikan di sekolah, hal ini dapat diwujudkan mulai dari memberikan gagasan-gagasan positif dan brilian bagi kemajuan sekolah bahkan sampai memberikan imbas kepada sekolah lain disekitarnya untuk mengikuti hal-hal baik yang sudah dilaksanakan. 

Contoh sederhana yang dapat dilihat dari perilaku kepala sekolah yang kreatif dan inspiratif adalah menjadikan lingkungan sekolah yang nyaman bagi warganya dan senantiasa mengusung pengembangan pendidikan yang berkelanjutan.

3.  Gemar Membaca

Mungkin hal ini menjadi hal yang tidak mudah untuk dilaksanakan bagi sebagian orang, terutama untuk seorang kepala sekolah. Namun pada dasarnya hidup ini terus berjalan secara dinamis, pun demikian dalam dunia pendidikan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan