Mohon tunggu...
SADIMIN WONG BREBES
SADIMIN WONG BREBES Mohon Tunggu... Guru - Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII (Kab. Tegal, Kab. Pemalang, Kab. Pekalongan)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Berbagi Pengalaman Sebagai Fasilitator Nasional Sekolah Ramah Anak

16 April 2020   16:06 Diperbarui: 16 April 2020   16:05 155
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkenalkan  nama saya Sadimin fasilitator sekolah ramah anak tingkat nasional. Saat ini saya berdomisili di Brebes, tepatnya jalan Akasia Raya nomor 27 Pasarbatang Brebes. 

Mengawali sebagai fasilitator sekolah ramah anak, saat itu saya bekerja sebagai guru dan kepala sekolah di SMA Negeri 2 Brebes. Selama saya menjabat di sekolah tersebut saya merintis sekolahan itu menjadi sekolah ramah anak.

Deklarasi sekolah ramah anak dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2015 bersama 300 sekolah lain dari tingkat dasar sampai dengan menengah oleh Bupati Brebes bertempat di SMA Negeri 2 Brebes. 

Dalam pelaksanaan deklarasi dihadiri oleh 300 kepala sekolah dari pendidikan dasar sampai dengan pendidikan menengah, dan para pejabat terkait di kabupaten Brebes.

Semenjak deklarasi sekolah ramah anak, saya mulai menata sekolah secara berkelanjutan untuk menjadi sekolah ramah anak. Berkat kerjasama yang solid bersama warga sekolah sekolah kami memperoleh penghargaan sekolah ramah anak pada tahun 2018 sebagai sekolah ramah anak terbaik tingkat nasional yang diterimakan di Surabaya oleh bapak gubernur Jawa Tengah.

Selain saya menggerakkan sekolah ramah anak di SMA Negeri 2 Brebes, pada tahun 2016 saya diundang pelatihan oleh KPPPA untuk mengikuti diklat fasilitator sekolah ramah anak di Bekasi. Pelatihan yang berjalan selama 3 hari itu memberikan bekal sebagai fasilitator yang siap bergerak mewujudkan sekolah ramah anak di daerah masing masing.

Seiring dengan berjalanya waktu, saya  sering diundang oleh KPPPA untuk menjadi nara sumber dalam sosialisasi maupun pelatihan sekolah ramah anak diberbagai daerah. Beberapa daerah yang pernah saya kunjungi diantaranya di kota Tomohon Sulawesi Utara,kota Palangkaraya Kalimantan Tengah, dan beberapa daerah di Indonesia.

Selain kegiatan di KPPPA, saya juga sering menjadi nara sumber dalam berbagai kegiatan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan mengusung materi sekolah ramah anak. 

Peserta dalam berbagai kegiatan ini umumnya terdiri dari guru dan kepala sekolah serta pejabat terkait di pemerintah daerah di masing masing wilayah tersebut. Jumalah peserta pelatihan biasanya antara 200 sampai dengan 300 peserta.

Sejak tanggal 5 November 2018, saya dilantik sebagai Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah XII, dalam peranya sebagai fasilitator sekolah ramah anak, saya juga menggerakkan sekolah ramah anak di tiga kabupaten wilayah saya yakni kabupaten pekalongan, kabupaten Pemalang, dan Kabupaten Tegal. Sebanyak 223 sekolah di wilayah ini, mayoritas sudah dilaksanakan sosialisasi,pelatihan  dan deklarasi sekolah ramah anak.

Dalam pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan sekolah ramah anak, saya berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk meggerakkan sekolah ramah anak di wilayah tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun