Mohon tunggu...
SADIMIN WONG BREBES
SADIMIN WONG BREBES Mohon Tunggu... Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII (Kab. Tegal, Kab. Pemalang, Kab. Pekalongan)

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Cegah Covid-19, Berbagai Sekolah Lakukan Penyemprotan Disinfektan dan Pasang Baliho

28 Maret 2020   22:36 Diperbarui: 28 Maret 2020   22:41 58 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cegah Covid-19, Berbagai Sekolah Lakukan Penyemprotan Disinfektan dan Pasang Baliho
seorang petugas menyemprot disinfektan (dok.SMK Amga)

Upaya di berbagai sekolah untuk memutus sebaran Covid-19, dilakukan berbagai cara mulai dari penekanan perilaku hidup bersih dan sehat, penyemprotan disinfektan, dan sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 dengan Baliho dan poster.

Disaat para peserta didik belajar di rumah, di berbagai sekolah  serentak melakukan penyemprotan disinfektan. Penyemprotan yang dilakukan melibatkan staf dan guru di sekolah masing masing dengan menggunakan peralatan dan bahan secara mandiri oleh sekolah, ada  juga yang mengandeng PMI setempat.

Penyemprotan dilakukan di semua ruangan sekolah baik didalam kelas maupun lingkungan sekolah secara keseluruhan. Selain mengadakan penyemprotan sekolah sekolah juga menyiapkan tempat cuci tangan yang dilengkapi dengan sabun dibeberapa area sekolah. Selain itu phak sekolah juga memberikan sosialisasi tentang Covid-19 dengan mengunankan group group WA kelas maupun menggunakan baliho, poster yang dipasang di sekolah masing masing.

Seperti halnya poster yang dibuat di SMKN 2 Slawi, dalam poster ini beberapa pesan disajikan dengan gambar diharapakan bisa memberikan edukasi kepada warga sekolah dalam pencegahan penyebaran covid-19. 

Pesan yang ada dalam poster tersebut diantaranya: 1. Pengertian apa itu virus corona; 2. gejala virus corona meliputi: deman, batuk pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan, letih lesu; 3. lima pencegahan virus corona meliputi: sering cuci tangan pakai sabun, tetap tinggal di rumah dan banyak berdoa, jaga jarak dan hindari kerumunan, tidak berjabat tangan, pakai masker jika sakit atau berada di tempat umum.

dok. SMKN 2 Slawi
dok. SMKN 2 Slawi
Sementara itu di SMA Negeri 1 Petarukan pemalang juga membuat baliho untuk memberikan edukasi warga sekolah bertemakan "Bersama Lawan Corona" dengan pesan yang ditulis  stop sebar Corona, pakai masker saat sakit, cuci tangan, olah raga, di rumah saja,  tidak bersalaman dulu, hindari kerumunan, dan makan bergizi.

Dok.SMAN 1 Petarukan
Dok.SMAN 1 Petarukan
Sedangkan di SMAN 1 Margasari Tegal , dalam sosialisasi kepada warga sekolah membuat poster bertemakan "Waspada Virus Corona". 

Dalam poster tersebut berisi pesan tentang: 1. apa itu corona virus; 2. gejala klinis meliputi deman, batuk pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan, letih lesu; 3.pencegahan yaitu makan dengan gizi yang seimbang, rajin oleh raga dan istirahan cukup, makan makanan yang dimasak sempurna, dan jangan daging dari hewan yang berpotensi menularkan.

Tidak merokok, cuci tangan pakai sabun, jaga kebersihan lingkungan, gunakan masker jika batuk atau tutup mulut dengan lengan atas bagian dalam, bila demam dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan, dan jangan lupa berdoa.

dok.SMAN 1 Margasari
dok.SMAN 1 Margasari
Semoga upaya upaya yang dilakukan dari berbagai sekolah ini, mampu memberikan edukasi kepada masyarakat dan mampu mencegah penyebaran covid-19.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x