Mohon tunggu...
Sadhana EAmitra
Sadhana EAmitra Mohon Tunggu... PT Sadhana Ekapraya Amitra

Menyediakan informasi seputar mesin pendingin dan hal-hal lain yang terkait di dunia mesin pendingin.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Serba-serbi Pembekuan Makanan

27 Maret 2020   17:24 Diperbarui: 27 Maret 2020   17:39 140 0 0 Mohon Tunggu...

Tidak hanya sebuah mesin pembeku, freezer bisa dikatakan sebuah temuan ajaib di mana kita dapat menghentikan sementara segala proses yang terjadi pada makanan.

Banyak hal dapat menjadi alasanmu memiliki sebuah mesin pendingin di rumah. Misalnya saja saat memasak makanan terlalu banyak, membeli bahan makanan terlalu banyak, hingga saat ingin menyetok bahan makanan selama 'Work From Home'.

Membekukan dapat memperpanjang umur simpan makanan tersebut. Perhatikan beberapa tips berikut ini agar makanan yang disimpan dapat bertahan lebih lama.

Bagi makanan per satu porsi

Selain dapat memudahkan pencairan makanan, membekukan makanan per satu porsi dapat mencegah makanan tersebut rusak sebelum waktunya.

Cukup ambil dan hangatkan makanan sesuai dengan porsi yang dibutuhkan tanpa harus membekukan kembali sisa makanan.

Gunakan wadah kedap udara

Makanan yang dibungkus asal-asalan sangat rentan terkena freezer burn saat dibekukan. Semakin sedikit udara, semakin sedikit juga kemungkinan makanan terkena freezer burn. Walaupun tidak berbahaya, namun freeer burn dapat mempengaruhi rasa pada makanan.

Saat menyimpan daging, bungkus rapat daging menggunakan plastic wrap kemudian masukkan ke dalam plastik klip dan pastikkan tidak ada udara yang masuk. Tidak membuka tutup pintu freezer jika tidak diperlukan juga membantu pencegahan terjadinya freezer burn.

Tetapi tidak perlu terlalu khawatir jika makanan yang disimpan terkena freezer burn, karena hal tersebut merupakan salah satu hal yang wajar terjadi pada makanan yang dibekukan jika tidak dibungkus dengan benar.

Berikan sedikit ruang saat menyimpan cairan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x