Mohon tunggu...
Sadhana EAmitra
Sadhana EAmitra Mohon Tunggu... PT Sadhana Ekapraya Amitra

Menyediakan informasi seputar mesin pendingin dan hal-hal lain yang terkait di dunia mesin pendingin.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Jangan Panik! Lakukan Hal Ini Saat Pemadaman Listrik di Warung!

14 Maret 2019   13:28 Diperbarui: 14 Maret 2019   14:14 197 0 0 Mohon Tunggu...

Tak jarang pemadaman listrik terjadi di beberapa wilayah secara bergantian. Pemadaman ini sebenarnya memiliki 2 alasan utama, yaitu pemadaman berencana dalam rangka pemeliharaan jaringan listrik PLN, ataupun pemadaman yang tidak berencana oleh karena adanya gangguan sistem listrik.

Pemadaman listrik bisa berlangsung sebentar ataupun berjam-jam tergantung separah apa kondisi di lapangan saat itu. Selain membuat repot dalam beraktivitas, pemadaman listrik seringkali membuat para pebisnis makanan ataupun pemilik warung merugi karena es krim atau bahan makanan lainnya yang disimpan mencair.

Saat terjadi pemadaman listrik, ada baiknya mengetahui beberapa tips berikut untuk menyelamatkan dagangan di dalam freezer:

  • Gunakan ice pack
    Masukkan sebanyak mungkin ice pack di bagian dinding dalam freezer. Hal ini bertujuan untuk menjaga freezer tetap dingin. Gunakan ice pack yang mampu bertahan lama seperti ice pack dari Sadhana yang mampu mendinginkan freezer selama pemadaman listrik hingga 12 jam.

  • Pastikan pintu freezer tertutup rapat
    Cegah udara panas masuk ke dalam freezer dengan memastikan pintu freezer tertutup rapat. Hindari juga buka tutup pintu freezer selama pemadaman listrik berlangsung.

  • Tutup pintu kaca freezer dengan selimut freezer
    Selimut freezer terbuat dari kain busa yang berbalut kain parasut. Udara panas dari ruangan akan terhalang oleh selimut freezer sehingga tidak terjadi kontak antara udara ruangan dengan udara di dalam freezer. Jika tidak ada selimut freezer, karton tebal atau kardus juga dapat digunakan karena memiliki fungsi yang sama.

  • Hindari membuka tutup freezer
    Dengan tujuan yang sama seperti poin 2 dan 3, ada baiknya tidak berjualan es krim selama beberapa jam tersebut, daripada harus merusak seluruh es krim yang berada di dalam freezer, seperti perkataan dr. Sadhana pada video YouTube-nya: SEA Sadhana.

Gunakanlah freezermu sewajarnya. Hindari mencampur adukkan semua jenis makanan secara berantakan di dalam freezer karena hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas makanan yang disimpan di dalamnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x