Mohon tunggu...
Wahyuni Susilowati
Wahyuni Susilowati Mohon Tunggu... Penulis, Jurnalis Independen

pengembaraan raga, penjelajahan jiwa, perjuangan menggali makna melalui rangkaian kata .... https://web.facebook.com/wahyuni.susilowati

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Harga Kemerdekaan yang Harus Dibayar Pangeran Harry-Meghan Markle

26 Februari 2020   10:07 Diperbarui: 26 Februari 2020   10:08 140 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Harga Kemerdekaan yang Harus Dibayar Pangeran Harry-Meghan Markle
Meghan dan Harry harus melepas label 'Sussex Royal' dari bisnis dan yayasan mereka (doc.The Times of Israel/ed.Wahyuni)

Pangeran Harry dan Meghan Markle telah dilarang menggunakan merek 'Sussex Royal' dalam kehidupan baru mereka di luar keluarga Kerajaan Inggris, papar juru bicara mereka sebagaimana dilansir oleh Daily Mail (22/2), selain itu kata 'royal' (kerajaan, bangsawan) akan masuk daftar hitam dari bisnis masa depan pasangan itu begitu mereka secara resmi berhenti dari tugas merepresentasikan Ratu Elizabeth II bulan depan.

Sementara pasangan yang menyandang gelar Duke dan Duchess of Sussex tersebut berencana untuk memmbangun yayasan amal, pihak kerajaan nampaknya kuatir bahwa mereka akan memakai nama formal kebangsawanan untuk tujuan komersial. 

Juru bicara mereka menuturkan pada Daily Mail ,"Sementara ini Duke dan Duchess tengah fokus pada rencana untuk mendirikan organisasi nirlaba baru, mengingat aturan khusus Pemerintah Inggris khusus seputar penggunaan kata 'Royal', mereka sepakat bahwa organisasi nirlaba mereka yang akan diumumkan musim semi ini tidak akan dinamai Sussex Royal Foundation."

Dia pun menegaskan bahwa 'Duke dan Duchess of Sussex tidak bermaksud menggunakan' SussexRoyal 'di wilayah mana pun setelah Musim Semi 2020.'

Padahal Harry dan Meghan telah menghabiskan puluhan ribu poundsterling untuk membuat website Sussex Royal baru untuk melengkapi akun Instagram mereka yang sangat populer. Mereka bahkan sudah berupaya mendaftarkan 'Sussex Royal' sebagai merek dagang global untuk berbagai produk dan kegiatan termasuk pakaian, alat tulis, buku, dan bahan ajar.

Akun Instagram The Sussexes, @sussexroyal telah mengumpulkan 11,2 juta pengikut sama dengan jumlah penggemar akun William dan Kate. Maka wajar saja, melihat popularitasnya, kalau Harry dan Meghan berniat untuk menggunakan nama akun tersebut untuk yayasan amal baru mereka yang rencananya akan diluncurkan tahun ini dengan dukungan dari Istana Buckingham.

Keputusan Ratu melarang penggunaan nama tersebut merupakan pukulan berat bagi rencana bisnis Harry dan Meghan, mereka harus mulai memikirkan merek dagang baru untuk bisnis beserta segala aktifitas terkait.

Pelarangan tersebut nampaknya memang di luar perhitungan pasangan itu yang mengatakan pada hari Rabu (19/2) lalu bahwa kehidupan mereka sebagai bangsawan secara resmi akan berakhir pada 31 Maret 2020 mendatang ketika mereka berhenti mewakili Ratu dan menjadi mandiri secara finansial.

Ketika mereka diam-diam bersiap untuk kehidupan baru di Kanada, jelas bahwa label 'Sussex Royal' berada di garis depan rencana Harry dan Meghan. Lusinan aplikasi sudah disiapkan untuk menjadikannya merek dagang berbagai produk mulai dari bandana hingga notebook. 

Meski sumber selalu menekankan bahwa ini adalah langkah pencegahan untuk melindungi merek dagang dari klaim pihak lain dan tidak pernah dimaksudkan untuk penggunaan komersial, nampaknya aspek bisnis tetap jadi bagian integral.

Larangan Ratu juga membuat mereka harus merevisi web baru yang mulai ditayangkan bulan lalu bertepatan dengan proklamasi kemerdekaan mereka yang menggegerkan kalangan bangsawan Inggris. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x