Mohon tunggu...
Billa
Billa Mohon Tunggu... Freelancer - Fresh Graduate Ilmu Komunikasi

Seorang fresh graduate yang menyukai dunia pertelevisian, media, dan industri kreatif

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Multimedia; Kombinasi Serba Ada yang Banyak Gunanya

4 Februari 2018   22:49 Diperbarui: 4 Februari 2018   23:33 1610
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Multimedia (sumber: https://image.freepik.com/free-vector/multimedia-background-design_1325-79.jpg)

Sarana untuk menyebarkan informasi nampaknya saat ini semakin beragam. Audiens semakin dimanjakan oleh berbagai platformyang mendukung penyebaran informasi. Informasi pun tidak hanya dinikmati dari satu platform, melainkan bisa dari beragam platformyang dinikmati dalam satu waktu yang bersamaan. Hal ini didukung dengan adanya multimedia. Tidak hanya sebagai sarana penyebaran informasi yang menarik, multimedia juga memiliki banyak kegunaan lainnya yang tentu saja menguntungkan penggunanya.

Menilik Lebih Dalam tentang Multimedia

Apa yang terlintas dipikiran Anda ketika mendengar kata 'multimedia'?

Multimedia berasal dari kata multi dan media. Multi yang berasal dari bahasa Latin yaitu nouns, yang berarti banyak atau bermacam-macam. Sedangkan kata media berasal dari bahasa Latin yaitu medium, yang memiliki arti perantara atau sesuatu yang dipakai untuk menghantarkan, menyampaikan, atau membawa sesuatu.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa multimedia adalah kombinasi media yang digunakan untuk menyampaikan suatu informasi sehingga informasi dapat disampaikan dengan lebih menarik. Perpaduan berbagai media yang dimaksud meliputi teks, gambar (vektoratau bitmap), grafik, sound, animasi, video, interaksi, dan lain-lain. Perpaduan media tersebut dikemas menjadi file digital atau komputerisasi, yang kemudian digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik.

Multimedia merupakan kombinasi menarik dalam menyampaikan informasi secara efisien dan informatif. Dewasa ini, multimedia menjadi bagian penting terutama dalam persaingan yang terjadi dalam sebuah perusahaan. James A Senn menyatakan bahwa multimedia memiliki beberapa elemen yang menunjang, antara lain:

  • Teks: teks merupakan elemen penting yang ada di dalam multimedia, bahkan selalu ada di setiap media yang digunakan. Teks berupa tulisan di layar yang dibaca oleh audiens untuk memahami informasi yang disampaikan.
  • Gambar: tulisan yang ada di media saja rasanya tidak akan cukup. Dengan memberikan gambar, audiens akan lebih mudah mendapatkan 'bayangan' mengenai informasi yang disampaikan. Pengaruh informasi yang didapat pun akan semakin kuat jika dibandingkan dari membaca teks saja.
  • Animasi: animasi dapat dikatakan sebagai gambar-gambar yang bergerak. Informasi yang disampaikan dengan disertai animasi tentu akan membuat audiens lebih tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai informasi tersebut.
  • Audio: multimedia tidak akan lengkap tanpa adanya suara. Audio yang ada dalam multimedia digunakan agar informasi dapat disampaikan secara lebih efektif. Audio dapat berupa ucapan, musik, maupun efek suara. Pemberian audio membuat sebuah tayangan multimedia menjadi lebih menarik sehingga minat akan semakin tinggi.
  • Video: video digunakan agar informasi multimedia menjadi lebih menarik dan hidup. Video biasanya terdiri dari gabungan teks, gambar, audio, dan juga animasi. Video dapat dikatakan sebagai paket lengkap dari multimedia.


Elemen-elemen tersebut digabungkan dengan memanfaatkan program komputer. Kemudian, akan digabungkan dengan link yang memungkinkan audiens melakukan navigasi, interaksi, kreasi, dan juga komunikasi.

Mengapa Harus Multimedia?

Media yang beragam menjadikan informasi yang disebarkan melalui multimedia menjadi semakin menarik untuk dinikmati. Multimedia dapat mengembangkan kemampuan indra serta menarik perhatian dan minat. Buku MULTIMEDIA Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan menyatakan bahwa multimedia memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Informasi yang disampaikan melalui tulisan terkadang sulit dimengerti, sehingga harus dibaca berkali-kali yang tentu saja memakan waktu yang lebih lama. Namun, hadirnya multimedia yang menggabungkan tulisan yang disertai gambar maupun animasi, tentu akan membuat audiens lebih mudah memahami maksud informasi yang disampaikan.
  • Dengan adanya perkembangan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, informasi yang ada pun akan turut serta berubah. Informasi yang sebelumnya disimpan dalam komputer dapat ditambah, dikembangkan, atau digunakan. Multimedia membuat audiens menjadi lebih mudah untuk melakukan perubahan informasi sesuai dengan kebutuhan.
  • Multimedia dapat menjadikan orang menjadi lebih kreatif. Salah satunya dilakukan oleh multimedia designeryang menuangkan segala kreatifitasnya agar informasi yang disampaikan lebih komunikatif, estetis, dan ekonomis sesuai kebutuhan.

Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, audiens menjadi lebih memilih multimedia untuk mendapatkan informasi yang menarik namun efektif. Multimedia pun tidak hanya digunakan untuk menyebarkan berita, melainkan juga dalam dunia informatika, dunia game, website, dunia pendidikan dan juga dunia bisnis.

Salah satu contoh pemanfaatan multimedia yang paling terlihat adalah dalam dunia bisnis. Multimedia digunakan sebagai media untuk memasarkan dan mengenalkan profil perusahaan, profil produk, maupun sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning. Dalam hal ini, produk dapat dijelaskan dengan lebih mudah sehingga pemasaran menjadi lebih menarik.

Contoh dalam kasus jual-beli. Jual beli saat ini tidak hanya mengandalkan metode 'mulut ke mulut' seperti jaman dahulu lagi. Dengan kehadiran teknologi dan internet, penjualan dapat dilakukan dengan lebih mudah melalui media sosial, poster, pamflet, spanduk, media cetak, media siar, media online dan masih banyak lagi. Dalam penjelasan produknya, ulasan disertai dengan foto atau video pendukung sehingga produk menjadi lebih menarik konsumen.

Video untuk promosi di Instagram Kedai Satwa (sumber: instagram.com/kedaisatwa)
Video untuk promosi di Instagram Kedai Satwa (sumber: instagram.com/kedaisatwa)
Afriadi Budi (25) atau yang biasa disapa Afri, selaku pemilik petshopKedai Satwa, menyatakan bahwa penggunaan video sebagai media promosi sejauh ini cukup efektif. "Promosi dari video, mereka (konsumen) jadi lebih tahu karakter hewan yang dijual. Lebih menarik gitu", ungkapnya kemudian.

Hal tersebut dibenarkan oleh Jordan Syauqi (21) selaku konsumen/pembeli di Kedai Satwa. Mahasiswa semester 6 Sastra Inggris UNY ini menyatakan bahwa promosi yang dilakukan oleh Kedai Satwa dengan media video di Instagram merupakan hal yang bisa menarik pelanggan. "Dari video pelanggan bisa ngerti,Kedai Satwa ada apa aja sih. Penonton pun ngga cuma dapat rasa tahu, tapi juga bisa menikmati", tambahnya.

Dapat disimpulkan bahwa multimedia saat ini sangat berguna terutama dalam dunia bisnis. Promosi dengan menggunakan multimedia jauh lebih efektif jika dibandingkan promosi 'mulut ke mulut'.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun