Mohon tunggu...
PMM 40 UMM
PMM 40 UMM Mohon Tunggu... Mahasiswa UMM

Redaksi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Menumbuhkan Semangat Belajar bahasa Arab dengan Penerapan Metode Bernyanyi

22 Juni 2021   10:35 Diperbarui: 22 Juni 2021   10:50 101 1 0 Mohon Tunggu...

Panti asuhan merupakan satu lembaga pendidikan dan pembinaan anak berbasis keagamaan. Fokus utama panti asuhan tidak hanya sekedar memberikan kepedulian sosial kepada anak-anak yatim piatu dan anak-anak dari keluarga tidak mampu saja, tapi juga harus memberikan pendidikan dan pembinaan yang baik. Sehingga melalui salah satu program kerja Pengabdian Masyarakat oleh mahasiswa (PMM) gelombang 8 kelompok 40 dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), memberikan motivasi dan menumbuhkan semangat belajar anak-anak panti Asuhan KH Mas Mansyur untuk belajar bahasa Arab.

Bahasa Arab merupakan bahasa asing di Indonesia, akan tetapi bahasa Arab memiliki peranan yang sangat penting, terlebih lagi bagi umat Islam. Bahasa Arab sebagai salah satu bahasa yang tergolong sulit dipelajari, sehingga harus benar-benar memperhatikan dan mempelajari bahasa Arab. Hal tersebut dikarenakan bahasa Arab yang memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dibandingkan bahasa lainnya mulai dari ketepatan pengucapan Makhraj hurufnya hingga perubahan katanya.

Sejauh ini, bahasa Arab memang kurang diminati oleh masyarakat Indonesia pada umumnya di banding dengan bahasa-bahasa lain. Hal ini dikarenakan bahasa Arab kurang dikenal atau belum akrab dengan kehidupan sehari-hari terlebih sulit untuk dipahami. Sehingga perlu adanya sesuatu yang baru yang bisa menumbuhkan semangat dan minat pada diri setiap orang, khususnya anak-anak sehingga ada kemauan pada para pelajar untuk belajar bahasa Arab.

Melalui salah satu program kerja pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) gelombang 8 kelompok 40 dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yaitu memberikan motivasi dan menumbuhkan semangat minat anak-anak panti Asuhan KH Mas Mansyur untuk belajar bahasa Arab. Salah satu Cara menyenangkan yang diterapkan oleh kelompok kami yaitu dengan metode bernyanyi.

Kegiatan belajar mengajar ini, dimulai pada minggu pertama dan minggu kedua. Pada minggu pertama, kegiatan belajar bahasa Arab masih belajar seputar bahasa Arab tingkat dasar yaitu tentang “At-Ta’aruf (Perkenalan). Kemudian minggu kedua belajar tentang “Al-Adwatu Al-Madrasiyah (Peralatan sekolah)”. 

Adapun anak-anak panti Asuhan yang berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar ada 22 orang, 10 anak laki-laki dan 12 anak perempuan, mulai dari jenjang SD-SMA. Pemaparan materi menggunakan media PPT dan LCD. Selain itu juga kami membagikan bahan materi berupa lagu bahasa Arab kepada anak-anak panti Asuhan. Saat kegiatan belajar mengajar anak-anak panti Asuhan sangat antusias, karena pemaparan materi yang disampaikan menggunakan metode bernyanyi/metode lagu. 

Selain itu juga kami memaparkan sebuah video lagu bahasa Arab tentang “Peralatan sekolah” agar anak-anak panti Asuhan mudah menghafal kosa kata yang disampaikan. Agar anak-anak panti Asuhan tetap semangat, kami juga memberikan reward kepada mereka, apabila ada yang bisa menjawab pertanyaan yang pemateri tanyakan.

Pelaksanaan metode bernyanyi dilakukan sebelum dan pada saat materi disampaikan di mana anak-anak panti Asuhan pada awal pembelajaran menyanyikan lagu secara bersama-sama terlebih dahulu, dengan lagu memulai pelajaran yaitu” الأغنية قبل التعلم” menggunakan nada sayonara. Kemudian pada saat penyampaian materi, mula-mula anak-anak panti Asuhan menirukan apa yang diucapkan oleh pemateri, kemudian memahami isi materi, pemateri mengenalkan nyanyian yang telah dipersiapkan sebelumnya di mana nyanyian tersebut sudah disesuaikan dengan materi pembelajaran. 

Dalam nyanyian tersebut mengandung kosa kata yang berhubungan dengan materi. Setelah itu pemateri memulai bernyanyi dan ditirukan oleh anak-anak panti Asuhan, secara berulang-ulang hingga anak-anak panti Asuhan hafal dengan nyanyian tersebut. Kemudian begitupun dengan penutupan materi, kami menggunakan lagu bahasa Arab yaitu “لأغنية بعد التعلم”.

Koordinator Pengabdian Masyarakat oleh mahasiswa (PMM) gelombang 8 kelompok 40 dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yaitu Saariah mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat penting dalam program kerja kami. Selain memenuhi program kerja, kegiatan ini merupakan kegiatan yang dapat memberikan manfaat untuk anak-anak panti Asuhan serta memotivasi dan menumbuhkan semangat mereka dalam belajar bahasa Arab. 

Agar mereka tidak bosan dan merasa sulit terhadap belajar bahasa Arab, maka kami memberikan edukasi belajar bahasa Arab berupa metode bernyanyi. Karena dari sinilah, kami melaksanakan program kerja ini, agar anak-anak panti Asuhan KH Mas Mansyur terus semangat dalam belajar bahasa Arab. “Ujarnya

VIDEO PILIHAN