Mohon tunggu...
sapto suhardiyo
sapto suhardiyo Mohon Tunggu... Laki-laki

Seorang yang biasa-biasa saja

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Pembesaran Ikan, Renovasi Lahan Non Produktif

7 Agustus 2020   11:28 Diperbarui: 7 Agustus 2020   11:23 3 1 0 Mohon Tunggu...

Pembesaran Ikan, Renovasi Lahan Non Produktif

Adanya beberapa lahan tidak produktif di desa Grantung Kecamatan Karangmoncol, membuat pemerintah desa dalam hal ini kepala desa membuat suatu gebrakan yakni pembuatan kolam pembesaran ikan. Lahan sawah yang dulunya tidak produktif dikarenakan kurang mendapatkan pencahayaan disebabkan terlindung dari tanaman besar disekitarnya disulap menjadi kolam ikan.

Tak tangung-tangung 1 hektar sawah bengkok (gaji kepala desa) di buat kolam ikan. Karyono Kepala Desa Grantung mengatakan, pemerintah desa harus memberikan contoh dulu kepada masyarakat agar bisa beralih dari lahan tidak produktif dikelola agar bisa produktif. Dulu lahan ini hanya dihargai 500 ribu perbulan, sekarang dengan sudah 5 kali lipat harganya, dan ini sungguh fantastis.

Pola pemeliharaan ikan menggunakan cara organik yakni dengan menggunakan pakan alami yakni dengan daun senthe urang. Kemudian kotoran ikan dengan sistem pipanisasi nantinya akan dibuang ke lahan persawahan untuk menjadi pupuk organik.

Selain kolam pembesaran juga akan dikembangkan kolam pemancingan, kolam ini berfungsi untuk rekreasi dan penyaluran hobi mancing bagi temen-temen yang hobi mancing. Kedepan didekat kolam pemancingan akan dibikin kedai kopi, agar para pemancing bisa menikmati sensasi kopi sambil mancing.

Terkait dengan pemasaran, pemerintah desa sudah bekerjasama dengan berbagai steakholder yang ada baik di Kabupaten Purbalingga juga di Kabupaten Banjarnegara. Pemerintah desa juga sudah berkoordinasi membuat jejaring ke restoran-restoran dan rumah makan di sekitaran Purbalingga.

Insyallah kalau dikembangkan secara serius, nilai keuntungan bisa mencapai lima kali lipat. Kemudian dengan pembuatan kolam pembesaran juga akan banyak menyerap tenaga kerja, satu hektar menyerak sekitar 15 orang pekerja. Sehingga pembesaran ikan ini bisa sedikit mengurangi beban masyarakat akibat pandemi virus-19.

" Ada beberapa orang yang terkena PHK yang kita pekerjakan di kolam pembesaran ini," pungkasnya, Rabu (7/8).

#PembesaranIkan #KolamIkan #LahanTidakProduktif #RenovasiLahan #LahanNonProduktif #Grantung #Karangmoncol #InspirasiKu

VIDEO PILIHAN