Mohon tunggu...
Muhammad RykyRaynaldi
Muhammad RykyRaynaldi Mohon Tunggu... Hoteliers - Mahasiswa

Sport, Sustainble development, music

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sistem Keberlanjutan Berupa Fasilitas K3 dan Sosialisasi Branding Produk oleh Kelompok 33 KKN Tematik UPI Bandung dalam Upaya Pemerataan Ekonomi Desa

16 Agustus 2022   09:00 Diperbarui: 16 Agustus 2022   09:03 33 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Program KKN tematik Universitas Pendidikan Indonesia pada tahun ini mengusung program SDG's desa. Dalam program ini terdapat 17 poin utama yang tertuju kepada sistem  kehidupan yang keberlanjutan. Dalam kegiatan KKN ini diikuti oleh mahasiswa/i UPI dengan jumlah peserta 7089 yang terbagi dalam 191 kelompok dengan masing masing kelompok berisikan 30 orang anggota dengan didampingin oleh dosen pembimbing lapangan.


Dalam 17 poin tersebut, salah satu program yang dijalankan oleh kelompok 33 KKN UPI Bandung yaitu dengan tema Desa Pertumbuhan Ekonomi Merata yang diselenggarakan di RT 04 RW 05 Kel Ledeng Kec Cidadap Kota Bandung. Meskipun pandemi Covid-19 masih ada, namun saat ini kondisi pandemi berangsur-angsur mulai membaik, terlihat dari aktifitas sedikit demi sedikit mulai kembali normal. Para mahasiswa/i menyambut baik keadaan ini dengan antusias merancang kegiatan KKN yang akan dijalankan di lingkungan masyarakat RW 04 tentunya bertujuan untuk membantu masyarakat dalam memulihkan perekonomian dimasa new normal ini.

Dalam temanya yaitu Desa Pertumbuhan Ekonomi Merata terdapat 2 program yang akan dijalankan dalam upaya membantu masyarakat RW 04 dalam memulihlan ekonominya, yaitu pembuatan serta penyediaan fasilitas K3 dan sosialisasi branding produk. Kedua hal terdebut dapat membantu masyarakat sekitar karena memiliki potensi besar untuk masyarakat dapat berkreasi dan hidup produktif.


Masyarakat sekitar memiliki potensi karena setelah ditelurusi lebih dalam, di lingkungan RW 04 terdapat Yayasan yang bergerak di lingkungan alam yang bernama Yayasan Cinta Alam Indonesia (C.A.I).  Yayasan ini bergerak secara swadaya oleh masyarakat sekitar yang menjaga, merawat dan memanfaatkan alam sekitar mereka. Banyak kegiatan yang sudah mereka lakukan, diantaranya adalah membersihkan aliran sungai sekitar, mengubah lingkungan yang kumuh menjadi lebih terawat dengan ditanami tanaman yang dapat dipanen, selain itu juga mereka memproduksi pakan ikan yang berasal dari maggot dan media tanam yang berasal dari bambu.

Oleh karena itu Kelompok 33 KKN Tematik UPI bergerak langsung kelapangan untuk membantu Yayasan C.A.I, karena dilihat dari kegiatan yang mereka lakukan masih harus memerlukan pendampingan tambahan, tentunya untuk membantu Yayasan ini untuk lebih baik lagi dalam menjalankan programnya. Program yang dijalankan Kelompok 33 KKN Tematik UPI kali ini adalah membuat dan menyediakan fasilitas K3 berupa Wastafel, sarung tangan, tempat sampah dan alat alat kebersihan lainya karena dilihat dari kegiatan yang mereka lakukan berhubungan langsung dengan sampah, maggot dan produksi media tanam yang tentunya dari kegiatan tersebut harus memiliki perhatian lebih kepada kesehatan dan keamanan mereka sendiri.

Selain dari fasilitas K3, kelompok 33 KKN Tematik UPI juga menjalankan program kedua yaitu branding produk, karena Yayasan C.A.I ini memiliki produk yang dihasilkan maka kelompok 33 mendampingi dan menambah pengetahuan tentang branding produk mereka melalui digital branding produk, tentunya untuk dikenal secara luas dan diminati oleh pembeli. kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Minggu, 31 Juli 2022 dengan diikuti oleh masyarakat sekitar.


Kegiatan KKN Tematik UPI Kelompok 33 ini berakhir pada 10 Agustus dengan menjalankan 2 program berkelanjutan untuk masyarakat RW 04 ditutup secara resmi di Kecamatan Cidadap pada Selasa 9 Agustus 2022.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan