Mohon tunggu...
Ryan Perdana
Ryan Perdana Mohon Tunggu... Administrasi - Pembaca dan Penulis

Kunjungi saya di www.ryanperdana.com dan twitter @ruaien

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Aduh, Mas Is!

20 November 2017   11:56 Diperbarui: 20 November 2017   12:05 507
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Beragam media beberapa hari ini menurunkan berita tentang pamitnya Is dari Payung Teduh. Pendengar dan peminat Payung Teduh pun tersentak dengan berita yang tanpa basa-basi muncul begitu saja. Wajar saja publik musik tak menduga, karena Payung Teduh memang sedang mereguk manisnya puncak popularitas di tahun 2017 ini. 

Sebelum 2017, atau tepatnya sebelum munculnya lagu "Akad", tidak banyak yang sadar akan keberadaan Payung Teduh. Grup band yang besar di Universitas Indonesia ini sebelumnya hanya wira-wiri di event-event semenjana dan hanya masuk ke telinga kalangan tertentu. Namun, sejak "Akad" mendapat view yang sangat besar di YouTube, sekejap Payung Teduh menjadi band "mainstream."

***

Saya pribadi tahu dan langsung suka dengan lagu-lagu Payung Teduh di tahun 2012. Kala itu, entah darimana datangnya tiba-tiba nama itu melintas di linimasa twitter dan saya penasaran. Saya dengarkan "Resah", "Angin Pujaan Hujan", dan "Berdua Saja" setelahnya. Tak perlu berkali mendengar, tiga lagu itu langsung paten menjadi lagu-lagu yang terus-menerus menduduki daftar putar saya. Kemudian menyusul ada "Untuk Perempuan yang Sedang Dalam Pelukan", "Kisah Gunung dan Laut, dan "Masa Kecilku" yang juga demikian saya gemari.

Saat itu, baru saya sendiri yang mendengarkan Payung Teduh di antara teman sepermainan. Karena saya pemurah, maka saya perdengarkan tiga lagu tadi ke beberapa orang sekeliling. Saya antusias, tapi mereka dingin tidak merespons. Saya memaklumi, entah karena masalah selera atau karena Payung Teduh memang nama yang masih sangat asing. Tentu, saat itu nama mereka kalah telak dari Armada, D'Masiv, Noah, O.M. Sera, dan Monata. Juga jangan lupa, dengan Via Vallen yang saat itu belum menasional pun, Payung Teduh tetap kalah ngetop, terutama di lingkup Yogya dan sekitarnya.

Lebih menyakitkan lagi, ada pula teman yang pertama mendengar lagu-lagu Payung Teduh, langsung berucap: "lagune marai ngantuk, Mz!". Tidak heran juga, sekali lagi selera tidak bisa dipaksakan atau mungkin karena teman saya itu lebih suka lagu-lagu yang nge-beat. Belakangan diketahui, teman tersebut di saat saya membuat tulisan ini, sering tertangkap basah memainkan lagu Jaran Goyang-nya Nella Kharisma.

***

Bagi saya, lagu-lagu Payung Teduh itu senada dengan namanya, meneduhkan. Lagunya membuai. Tidak sekadar notasi dan aransemen, --yang dibawakan dengan sound akustik yang clean-- lirik-lirik yang ditulis Is dapat tertangkap indera pendengar sebagai lirik yang dibuat dengan sangat serius, ora waton dadi. Liriknya sangat dipikirkan. Maka, Payung Teduh menjadi band yang lengkap menurut saya.

Suara rendah Is dipadu dengan aransemen yang mengalir lambat dan diisi dengan lirik-lirik puitik, maka jadilah perpaduan indah yang melenakan. Payung Teduh memang berbeda. Payung Teduh membawa sesuatu yang baru. Maka, nama mereka perlahan tertancap kuat dalam scene musik nasional. Undangan manggung sangat padat, lagunya seliweran di keramaian, belum lagi meledaknya single "Akad" tadi.

Bagi yang menyaksikannya dari jauh, sepertinya semua terlihat menyenangkan bagi Payung Teduh. Undangan manggung padat, bahkan sampai belasan kali di tiap bulannya. Pastilah itu ekuivalen dengan pemasukan yang semakin menumpuk. Belum pula menggetarkannya dielukan-elukan penggemar di setiap pementasan. Namun, ternyata apa yang dirasakan Payung Teduh, khususnya Is tidak demikian adanya. Is tidak bahagia di sana.

***

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun