Mohon tunggu...
Dzurriyyatul Ilmiyah
Dzurriyyatul Ilmiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa

Pendidikan Islam Anak Usia Dini/ UIN MALIKI MALANG

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Sistem Saraf sebagai Pengendali Semua Kegiatan Tubuh Manusia

3 Maret 2021   19:42 Diperbarui: 3 Maret 2021   19:57 94 1 0 Mohon Tunggu...

Membahas tentang otak, kita atau orang lainpun kadang tidak sedikit pun terlintas di fikiran bagaimana sistem kerja otak kita dan bagaimana rumitnya otak kita jika sedang bekerja. Otak manusia terbagi menjadi 3 bagian, yaitu: otak batang (bawah), otak tengah, dan otak depan. Dan di dalam otak kita terdapat sistem saraf, sistem saraf merupakan penghubung antara neuron di otak kita. Sistem saraf manusia terdiri dari sel yang sangat kompleks. Dan selama pengoperasian sistem saraf, sel-sel terhubung satu sama lain.

Tubuh manusia dikendalikan sistem saraf, sistem indera, dan sistem endoktrin. Pengaruh sistem saraf yakni dapat mengambil sikap terhadap adanya perubahan keadaan lingkungan yang merangsangnya. Semua kegiatan tubuh manusia dikendalikan dan diatur oleh sistem saraf.

Sistem saraf didefinisikan sebagai suatu jaringan saraf yang kompleks, sangat khusus dan saling berhubungan satu dengan yang lain. sistem saraf mengkoordinasi, menafsirkan dan mengontrol interaksi antara individu dengan lingkungan lainnya.

Sistem saraf berfungsi sebagai alat komunikasi antara tubuh dengan dunia luar, sebagai alat pengatur kerja alat-alat tubuh agar dapat bekerja sesuai fungsinya, dan berfungsi sebagai pusat pengendali atau reaksi tubuh terhadapperubahan keadaan sekitar.

Neuron

Neuron? Buat kalian yang pernah belajar mata pelajaran  Biologi saat duduk di bangku SMP atau SMA tentumya tidak asing dengan istilah neuron? Ya neuron, bahkan dalam sebuah ilmu psikologi faal pun kita masih belajar mengenai apa itu neuron. 

Neuron merupakan bagian dari sel saraf. Neuron didefinisikan sebagai unit fungsional sistem saraf yang terdiri dari badan sel dan perpanjangan sitoplasma. Nah, neuron sendiri merupakan bagian terpenting dari otak yang perlu kita pahami. Karena neuron adalah bagian dari otak yang mana mereka (neuron) memainkan penting dalam kemampuan belajar individu. 

Dan neuron sendiri merupakan tempat untuk mengekspresikan emosi, kebijaksanaan, dan emosi pribadi. Semuaaktivitas mental yang dilakukan oleh seorang individu, seperti merekam, mengingat, berpikir, dan aktivitas mental lainnya, sangat bergantung pada fungsi neuron ini.


Neurotransmitter

Neurotransmitter merupakan senyawa atau zat kimia yang disintesis dalam neuron dan disimpan dalam gelembung sinaptik di ujung akson. Bahan kimia ini dilepaskan dari ujungakson dan juga diserap kembali untuk di daur ulang. Neurotransmitter adalah cara komunikasi antar neuron, dan setiap neuron melepaskan pemancar (transmitter). Senyawa kimia ini dapat menyebabkan perubahan permeabilitas sel saraf, memungkingkan neuron untuk lebih atau kurang mengirimkan implus.

Neurotransmitter adalah senyawa kimia dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk mentransmisikan informasi antara sel saraf (neuron) ke sel saraf target. Sel saraf target ini dapat berada di otot, berbagai kelenjar, dan bagian tubuh lainnya. Neurotransmitter memainkan peran yang sangat penting bagi otak dalam mengatur kinerja berbagai sistem tubuh. Sistem tubuh tersebut meliputi denyut jantung, pernafasan, siklus pengaturan tidur, pencernaan, konsentrasi, nafsu makan serta gerakan otot.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN