Mohon tunggu...
Rustian Al Ansori
Rustian Al Ansori Mohon Tunggu... Administrasi - Menulis

Pernah bekerja di lembaga penyiaran, berdomisili di Sungailiat (Bangka Belitung)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Perpusdes Tertunda Dibangun karena Pandemi

8 Agustus 2022   21:20 Diperbarui: 8 Agustus 2022   21:32 93 11 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kadis Kearsipan dan Perpus Bangka Hj Mina di Kantor Desa Tanah Bawa (dokpri)

Sejumlah perpustakaan desa (perpusdes) di kabupaten sudah direncanakan dibangun oleh pemerintah desa (pemdes) namun gagal karena pandeni Covid-19.

Apa hubungannya pandemi dengan pembangunan perpustakaan? Ternyata dana yang sudah dianggarkan untuk pembangunan perpustakaan melalui dana desa dialihkan untuk penanganan Covid-19.

Setidaknya terdapat 3 desa yang dikujungi kepala dinas Kearsipan dan Perpustakaan kabupaten Bangka Hj Mina pekan lalu yang gagal membangun perpustakaan dengan alasan yang berbeda di wilayah kecamatan Puding Besar.

Tiga desa tersebut meliputi desa Tanah Bawah, desa Kota Waringin dan desa Saing.

Untuk desa Tanah Bawah dan desa Saing memikiki penyebab yang sama yakni gagal membangun perpustakaan karena dana dialihkan untuj penanganan Covid-19.

Sekretaris (Sekdes) Tanah Bawah Arbani dan Sekdes Kota Waringin Subaryan menyampaikan kepada Hj Mina akan merencanakan kembali pembangunan perpustakaan setelah penanganan Covid-19 selesai.

Menurut Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Hj Mina, para Kades se kabupaten Bangka pada tahun 2019 telah menyampaikan komitnen akan membangun perpustakaan.

Tercatat hingga tahun 2022 di kabupaten Bangka dari 62 desa terdapat 38 desa yang memiliki perpustakaan.

Lain lagi alasan desa Saing gagal menbangun perpustakasn karena terjadinya penggantian kepala desa yang berubah kebijakan sehingga pembangunan perpustakaan yang sudah direncanakan tidak jadi dilaksanakan.

Kunjungan Kadis Kearsipan dan Perpustakan kabupaten Bangka Hj Mina di desa Saing tidak dapat bertemu langsung dengan kepala desa karena tidak berada di tempat sehingga hanya diterima Sekdes Pipi Purbama..

Hj Mina minta kepada Sekdes bisa menyampaikan kepada Kades Saing tentang komitnen yang pernah dibuat kades se kabupaten Bangka yang akan menbangun perpustakasn di desa masing-masing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan