Mohon tunggu...
Rustian Al Ansori
Rustian Al Ansori Mohon Tunggu... Administrasi - Menulis

Pernah bekerja di lembaga penyiaran, berdomisili di Sungailiat (Bangka Belitung)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Perpustakaan Sekolah Melayani Publik

19 Juni 2022   04:43 Diperbarui: 19 Juni 2022   05:03 141 22 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dialog Ruang Pustaka RRI Sungailiat (dokpri)

Adalah perpustakaan sekolah SMA Negeri 1 Sungailiat, kabupaten Bangka tidak hanya melayani siswa sendiri namun juga pemustaka di luar lingkungan sekolah.

Perpustakaan ini juga melayani pengunjung yang merupakan mahasiswa, pegawai dan masyarakat umum,

Lokasi SMA Negeri 1 Sungailiat di jalan Pemuda Sungailiat yang dekat dengan beberapa sekolah serta perkantoran Pemerintah kabupaten Bangka.

Hal serupa juga dilakukan perpustakaan SD YPK Air Kenanga Sungailiat, mereka selain melayani siswa juga melayani orang tua yang sedang menunggu siswa saat menjemput sepulang sekolah.

Perpustakaan sekolah memberikan nama programnya yakni literasi bunda sambil menunggu anaknya pulang sekolah saat penjemputan, orang tua siswa bisa berada di perpustakaan sekolah sambil membaca buku.

Nenurut pustakawan kabupaten Bangka Yusnita, perpustakaan sekolah yang melayani masyarakat tidak hanya siswa yang dilayani sebagai wujud dari pelayanan publik.

Ketika dialog Ruang Pustaka Radio Republik Indonesia (RRI) Sungailiat, Yusnita menjelaskan, perpustakaan ada disetiap sekolah tapi ada yang tidak memiliki pengelolahnya.

Bila ada pengelola yang kreatif dan terus berinovasi maka perpustakaan sekolah juga bisa berkembang dalam memberikan pelayanan yakni tidak hanya di lingkungan sekolah namun juga masyarakat luas.

Pengelola perpustakaan SMA Negeri 1 Sungailiat Anisah Lestaria telah melakukan hal itu yang memberikan pelayanan tidak hanya kepada siswa sebagai pengunjung perpustakaan juga masyarakat di luar sekolah.

Anisah menjelaskan, selain siswa guru juga membutuh pelayanan untuk mendatkan buku yabg dibutuh dalam kegiatan belajar mengajar, tidak hanya untuk guru di lingkungan sendiri namun juga guru dari sekolah lain.

Sementara itu pustakawan kabupaten Bangka lainnya Fitri mengatakan, perpustakaan itu melayani dengan menyediakan berbagai bahan bacaan yang ditubutuhkan masyarakat sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan