Mohon tunggu...
Rustian Al Ansori
Rustian Al Ansori Mohon Tunggu... Menulis

Pernah bekerja di lembaga penyiaran, berdomisili di Sungailiat (Bangka Belitung)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Lomba Bercerita, Cara Meningkatkan Minat Baca pada Anak

27 Februari 2020   06:12 Diperbarui: 27 Februari 2020   08:03 77 16 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lomba Bercerita, Cara Meningkatkan Minat Baca pada Anak
Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Bangka Tedy Sudarsono menyampaikan sambutan ketika membuka lomba bercerita (dok.pemkab Bangka )


Lomba bercerita tingkat kabupaten Bangka kembali digelar tahun 2020 ini. Lomba diikuti 17 orang peserta pelajar SD dan Madrah Ibtidaiyah hasil seleksi di 8 kecamatan di Kabupaten Bangka, dibuka Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Bangka Tedy Sudarsono Rabu (26 /2) di Sungailiat. 

Tedy  berpesan kepada penyelenggara agar lomba ini dipertahankan, untuk tetap dilaksanakan di masa-masa yang akan datang. Karena dapat meningkatkan minat baca anak. 

Disamping itu melalui lomba bercerita juga dapat meningkatkan kreatifitas anak serta dapat melestarikan cerita rakyat di Bangka Belitung. Cerita rakyat yang dibaca merupakan cerita rakyat para peserta diantaranya Batu Manik-manik, asal mula nama Penyusuk, kek antak dan kek Bedengung dan lain-lain. 

Sementara itu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kabupaten Bangka Hj Mina menjelaskan, pemenang lomba bercerita tingkat kabupaten Bangka akan diikutsertakan di lomba bercerita tingkat provinsi kepulauan Bangka Belitung. 

Asisten Pemerintahan dan Kesra nengalungkan tanda peserta kepada perwakilan peserta (dok. Pemkab Bangka )
Asisten Pemerintahan dan Kesra nengalungkan tanda peserta kepada perwakilan peserta (dok. Pemkab Bangka )
Usai acara pembukaan dilanjutkan dengan penampilan para peserta. Berbagai ekspresi ditampilkan para peserta. Peserta yang merupakan siswa SD dan Madrasah Ibtidaiyah ini menampilkan aksi teaterikalnya, ada yang membawa properti, mengenakan pakaian adat, hingga hanya mengenakan pakaian seragam sekolah.

Aksi peserta lomba bercerita akan dilanjutkan hari ini, Kamis (27/2) dalam babak final. Serta dilanjutkan dengan penyerahan tropy dan hadiah uang serta bingkisan lainya kepada para juara. (Rustian Al'Ansori)

VIDEO PILIHAN