Mohon tunggu...
Rustandi Ramadhan
Rustandi Ramadhan Mohon Tunggu... Administrasi - everyone has a past

IG : rustandi ramadhan | Photography | Part-time Writter

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Generasi Simpel untuk Cashless Society ala Millennials

28 Oktober 2019   07:50 Diperbarui: 28 Oktober 2019   07:54 327
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Logo BCA Mobile di Handphone Android

Kita semua tahu kalau transaksi jual-beli tanpa uang tunai atau cashless di Indonesia bukanlah hal yang baru. Saat aku dan mama belanja kebutuhan dapur di supermarket atau ketika papa membeli TV baru di toko elektronik, aku jarang melihat mama dan papa mengeluarkan uang tunai untuk membayar barang belanjaannya dan hanya mengeluarkan plastik tipis dari dompetnya, yaitu kartu kredit dan kartu debit. Aku tahu kenapa alasan mama dan papa lebih suka memakai kartu kredit atau debit sebagai alat pembayaran karena memang sangat praktis digunakan dan aman. Jadi, itu adalah salah satu contoh transaksi keuangan cashless yang biasa aku dan kamu lihat sehari-hari. Tapi, beberapa tahun belakangan aku menyadari jika kegiatan transaksi cashless sudah berkembang sangat masif dengan menggunakan teknologi yang canggih sehingga transaksi yang digunakan jauh lebih aman dan praktis serta cenderung mendukung gaya hidup praktis saat ini.

Kemajuan teknologi komunikasi, yaitu handphone memberikan pengaruh yang besar terhadap perkembangan transaksi cashless karena sangat praktis digunakan dan dapat dijangkau hampir semua masyarakat dari berbagai generasi. Mulai dari kegiatan belanja online, bayar tagihan bulanan hingga membayar jajanan dengan cara pindai kode (scan code) menggunakan ponsel android dan iOS yang kita gunakan sudah mulai marak dijumpai diberbagai toko-toko modern di kota-kota besar di Indonesia. Hampir semua kebutuhan kita sehari-hari dapat terpenuhi dengan mudah melalui transaksi cashless dan aku pun merasakan semua hal itu sendiri, semuanya dapat dilakukan dengan mudah bahkan saat aku lagi rebahan diatas kasur. Kemudahan ini cenderung membuat masyarakat sangat puas melakukan transaksi keuangan secara cashless.

Ada banyak sekali layanan digital yang menyediakan wadah bagi kita untuk melakukan kegiatan transaksi cashless. Layanan digital yang aku butuhkan haruslah cocok untuk Generasi Simpel seperti aku, yaitu layanan digital yang mudah diakses, user friendly, dan tingkat keamanan yang tinggi. Saking banyaknya, aku sempat bingung untuk memilih layanan digital yang tepat. Akhirnya aku memilih menggunakan BCA Mobile dengan segala kenikmatannya. BCA Mobile itu aplikasi yang bisa diunduh di handphone android dan iOS serta pendaftarannya sangat mudah. Datang ke kantor cabang terdekat, ketemu Customer Service-nya, dan aktivasi, selesai. Ohya, satu lagi yang bikin aku memilih BCA Mobile, yaitu layanan BCA Mobile itu GRATIS, hahaha. Aku senang sekali denger kata gratis. Untuk menikmati layanan BCA Mobile, kamu harus jadi nasabah dulu ya. Mudah kok kalau mau jadi nasabah BCA apalagi sekarang BCA sudah menyediakan pembukaan rekening secara online via BCA Mobile. Luar biasa canggih ya.

Aku termasuk yang sangat aktif dalam bertransaksi digital. Aku suka membeli baju, celana, dan sepatu di toko online. Aku juga suka memesan makanan melalui layanan antar makanan, naik ojek online, nongkrong di caf-caf kekinian, jajan makanan kekinian, dan belanja makanan untuk stok dikamar karena semua kegiatan itu dapat diselesaikan dengan satu genggaman tangan. Bayangkan jika aku harus melakukan transaksi secara tunai, berapa banyak uang tunai yang harus aku persiapkan untuk melakukan semua itu? Belum lagi aku harus bolak-balik tarik tunai uang di ATM dan tarik tunai di ATM itu ada limitnya, serta aku juga kesulitan untuk melihat riwayat transaksiku karena aku harus ke customer service kantor cabang terdekat untuk cetak buku tabungan dan belum lagi saya merasakan cemas membawa uang tunai dalam jumlah besar. Ya ampun, ribet banget, sumpah. Untunglah semua kerepotan itu bisa diatasi dengan aplikasi BCA Mobile, jadi semuanya dapat Dibikin Simpel.

Tampilan Menu Utama BCA Mobile
Tampilan Menu Utama BCA Mobile

Menu Utama m-BCA pada Aplikasi BCA Mobile
Menu Utama m-BCA pada Aplikasi BCA Mobile

BCA Mobile itu benar-benar simpel dan aman. Untuk urusan belanja online, aku bisa melakukan transaksi pembayaran dengan cara transfer dan Virtual Account BCA dan langsung bisa dieksekusi melalui BCA Mobile dan itu GRATIS. Caranya :

  1. Buka Aplikasi BCA Mobile
  2. Pilih Menu m-BCA
  3. Masukkan Kode Akses
  4. Pilih Menu m-Transfer
  5. Pilih Virtual Account
  6. Masukkan No. Virtual Account BCA kita
  7. Pilih OK
  8. Pilih Send, lalu masukkan PIN password m-BCA dan Ok. Maka, transaksi kita akan otomatis berhasil.

Tampilan Menu m-Transfer pada BCA Mobile dan Pilihan Menu BCA Virtual Account
Tampilan Menu m-Transfer pada BCA Mobile dan Pilihan Menu BCA Virtual Account

Dengan akses Virtual Account BCA, aku juga bisa Topup berbagai aplikasi dompet digital besar kayak OVO, GOPAY, dan Dana dengan mudah. BCA juga menyediakan dompet digital sendiri, yaitu Sakuku dan untuk topup sakuku itu sendiri sangat mudah menggunakan BCA Mobile karena ada menunya tersendiri. Cara topup saldo sakuku, yaitu :

  1. Buka Aplikasi BCA Mobile
  2. Pilih Menu m-BCA
  3. Masukkan Kode Akses
  4. Pilih Menu m-Transfer dan Pilih Sakuku, lalu masukkan No. Sakuku dan nominal topup yang diinginkan
  5. Pilih Send, lalu masukkan PIN password m-BCA dan topup saldo sakuku langsung masuk otomatis dengan mudah dalam aplikasi. Canggih banget

Pilihan Menu Sakuku pada Menu m-Transfer BCA Mobile
Pilihan Menu Sakuku pada Menu m-Transfer BCA Mobile

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun