Mohon tunggu...
Rumondang Ernawati Sitohang
Rumondang Ernawati Sitohang Mohon Tunggu... Guru - Proud Mom. Bahagia itu jika masih bisa traveling, menulis dan bernyanyi

Seorang pendidik, blogger.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Menjadi Juara dengan Belajar, Berlatih dan Berkompetisi

6 Juni 2022   08:26 Diperbarui: 6 Juni 2022   08:40 216
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Dokpri (Dilarang mengambil tanpa seizin penulis)

Kita tentu masih ingat dengan sosok Claudia Emmanuela Santoso. Seorang gadis asal Cirebon yang menjuarai ajang menyanyi tingkat internasional yaitu The Voice Of Germany 2019. 

Gadis yang fasih berbahasa Jerman ini, menyelesaikan pendidikan SD, SMP dan SMA di sekolah Kristen Penabur Cirebon. Tahukah kamu, sebelum go internasional, Claudia pernah mengikuti ajang pencarian bakat menyanyi di salah satu TV nasional? Beberapa kritik pedas disampaikan oleh para juri saat Claudia perform. 

Mulai dari suaranya membuat linu, sakit di telinga dan berbagai komentar "pedas" lainnya. Tapi hal itu tidak membuatnya patah semangat, apalagi harus sakit hati. Dan salah satu penampilanya yang tak pernah bosan saya dengar adalah saat menyanyikan lagu Never Enough yang membuat mata saya mbrebes mili. Asli.

Pelajaran apa yang bisa kita petik dari Claudia? Betul sekali. Untuk menjadi berprestasi dan juara, ternyata tidak mudah. Pepatah mengatakan proses tak akan mengkhianati hasil. Seorang juara tak jatuh saat dikritik. Dia bahkan harus siap menerima kritik, belajar lagi dan segera bangkit. 

Orang yang bermental juara harus punya prinsip mau belajar, berlatih dan siap bertanding. Belajar tanpa berlatih adalah sesuatu yang sia-sia. Sudah belajar dan berlatih tapi tak pernah bertanding, tentu saja hal ini tidak baik.

Dalam dunia pendidikan, banyak cara untuk bertanding. Bisa dengan mengikuti tes yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan. Bisa juga dengan mengikuti Try Out. Atau mengikuti kompetisi tingkat daerah, nasional maupun internasional. 

Apa pentingnya bertanding? Bertanding atau berkompetisi adalah ajang pembuktian diri. Alat untuk mengukur kemampuan dan untuk mengetahui posisi, apakah layak menjadi juara. Apalagi di era digital dimana dunia dalam genggaman tangan, banyak informasi tentang kompetisi gratis. Nah, jangan sia-siakan!

So, buat kamu yang ingin menjadi juara. Ingat, jangan pernah menyerah walau harus jatuh berkali-kali! Belajar, berlatih dan semangat untuk bertanding. Akhirnya, saya mengucapkan selamat mengikuti penilaian akhir tahun buat siswa-siswi hebat di seluruh Indonesia. Berprestasi itu bagus dan jujur itu harus!

Kota Industri, 06 Juni 2022 (08.00)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun