Mohon tunggu...
Rully Bachtiar. S.Pd.M.Si
Rully Bachtiar. S.Pd.M.Si Mohon Tunggu... Guru - Guru. Penulis

Penulis artikel. Penulis buku.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

7 Cara Menghargai Diri Sendiri

1 September 2022   22:40 Diperbarui: 1 September 2022   23:14 245 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Pixabay.hargai diri sendiri 

Banyak cara untuk memperlakukan diri sendiri secara positif diantaranya: 

1. Menjaga citra diri 

Nabi SAW bersabda "tidak ada satupun milikku yang ku sembunyikan dari kalian bareng siapa menjaga harga dirinya, maka Allah akan menjaga dirinya." (HR. Bukhari dan Muslim) Sudahkah kita menjaga lisan? Sudahkah kita menutup mata kita menahan pandangan?Sudahkah kita menjaga citra diri kita sebagai muslim yang baik? 

2. Berbicara positif tentang diri

 Rasulullah SAW. meminta kita untuk berkata yang baik atau diam. Kalau kita harus berkata yang baik tentang segala hal. Kenapa tidak tentang diri sendiri? Rasulullah SAW juga berbicara positif dan dirinya. 

"Demi Allah aku adalah orang yang paling takut kepada Allah di antara kalian, dan bertakwa tetapi aku juga berpuasa dan berbuka salat dan tidur dan menikahi wanita. Siapa yang tidak suka dengan sunnahku maka dia bukan dari golongan ku (Muttafaq Alaihi). 

Bicara positif tentang diri sendiri berarti menegaskan tentang siapa jati diri kita yakinan kita akan kebenaran dan bukannya untuk menghidupkan kesombongan Allah SWT sendiri amat benci dengan kesombongan dalam FirmanNya "Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan dirinya" (QS an-nisa ayat 36) 

3. Bekerja dengan segenap potensi diri 

Allah SWT. berfirman kepada Rasulullah SAW Katakanlah hai kamu ku berbuatlah sepenuh kemampuanmu. "Sesungguhnya aku pun berbuat Kelak kamu akan mengetahui siapa yang akan memperoleh hasil yang baik dari dunia ini." (QS Al An'am ayat 135) 

Sumber: Pixabay. 
Sumber: Pixabay. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan