Mohon tunggu...
Rully Novrianto
Rully Novrianto Mohon Tunggu... Lainnya - A Mind Besides Itself

Kunjungi juga blog pribadi saya di www.rullyn.net

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Tempat Makan Seafood dengan Harga Warteg

16 Oktober 2023   11:53 Diperbarui: 16 Oktober 2023   12:50 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jika kamu melihat foto di atas, kira-kira berapa harga yang harus dibayar untuk seporsi cumi asam manis plus nasi dengan segelas es jeruk? Jika kamu menjawab di atas Rp30.000, kejauhan. Semua makanan itu saya bayar seharga Rp19.000. Cumi plus nasinya Rp15.000 dan es jeruknya Rp4.000.

Saya yakin kalian penasaran, kok bisa sebuah sajian seafood harganya bisa murah sekali? Apakah rasanya enak? Nah, semua pertanyaan itu akan saya jawab.

Sajian murah ini saya dapati di sebuah warung bernama "Pondok Rizki 99 Seafood". Lokasinya di Stasiun Pondok Cina, Depok tepat di pintu keluar Kampus D Universitas Gunadarma yang menuju stasiun. Jika naik kereta komuter, keluar dari stasiun langsung ke kiri. Tempatnya tidak besar cenderung terbatas, a'la warung kaki lima di wilayah stasiun.

Menu yang ditawarkan di sini cukup beragam, mulai dari ayam, udang, cumi, kerang, hingga nasi/mi goreng. Ada berbagai macam saus seperti lada hitam, saus padang, saus tiram, hingga saus asam manis.

Nah, sekarang kita masuk ke bagian yang paling ditanyakan. Kalian pasti bertanya-tanya, kok bisa sebuah sajian seafood harganya bisa murah sekali? Harga di sini memang sangat terjangkau dan bersahabat dengan kantong karena mengincar target pasarnya yaitu mahasiswa dan anak kos.

Misalnya, untuk seporsi sajian ayam, cumi, atau udang dengan bumbu saus padang, asam manis, saus tiram hanya Rp15.000 saja. Bahkan sebulan yang lalu sewaktu saya ke sini masih Rp14.000. Itu sudah termasuk nasi loh ya. Menu lain seperti sapi cah jamur atau gurame rica-rica juga masih murah kok, kurang dari Rp20.000 per porsinya.

Lalu, bagaimana dengan kualitas dan rasanya? Ya karena harganya yang murah meriah tentu tidak bisa dibandingkan langsung dengan sajian seafood dari Bandar Jakarta, Layar Seafood, Pondok Laguna atau restoran seafood lain yang lebih mahal.

Saya ambil contoh cumi yang saya makan. Daging cuminya masih bisa dirasakan walaupun lebih dominan adonan tepungnya. Namun gorengan adonan tepungnya terasa ringan dan renyah, tidak alot. Bumbunya juga meresap dan pas di lidah saya. 

Saya paling suka dengan saus padangnya yang pedas dan gurih. Saus tiramnya juga enak dan manis. Saus asam manisnya juga segar dan menyegarkan. Porsinya juga cukup dan mengenyangkan.

Saya biasanya pesan satu porsi makanan dan satu gelas es jeruk. Itu sudah cukup untuk makan sampai kenyang. Total biayanya tidak sampai Rp50.000 untuk dua orang. Murah banget kan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun