Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... Lainnya - dibuang sayang

Ngopi dulu ☕

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Bongkar Pasang Direksi untuk "Bersih-bersih", Apa Kata Erick Thohir?

5 November 2020   09:01 Diperbarui: 5 November 2020   09:14 131 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bongkar Pasang Direksi untuk "Bersih-bersih", Apa Kata Erick Thohir?
Erick Thohir (ayojakarta.com)


Jika Anda seorang pengamat di bidang pemerintahan, Anda dapat perhatikan dan mendapatkan jika Erick Thohir, Menteri BUMN, lah yang paling banyak melakukan bongkar pasang di kementeriannya.

Sejak bos Mahaka itu diangkat Jokowi pada 2019 ternyata Erick Thohir sudah mengadakan penggantian pejabat BUMN setingkat komisaris dan direksi di 20 dari 41 BUMN yang ada. Memang itu hak dari Erick Thohir selaku bos BUMN.

Akan tetapi muncul dugaan dari sejumlah kalangan yang menilai upaya bongkar pasang itu sekaligus juga upaya Erick Thohir untuk melakukan "bersih-bersih" pejabat eks Menteri BUMN sebelumnya, Rini Soemarno.

Benar atau tidaknya dugaan tersebut, tentu harus kita ketahui dari sumbernya sendiri.

Lalu apa jawaban dari mantan bos Inter Milan itu?

"Sesuai dengan road map transformasi," jelas Erick Thohir.

Road map transformasi yang dimaksudkan Erick Thohir dapat dijelaskan sebagai berikut. Bagi transformasi BUMN adalah dengan membentuk klaster-klaster BUMN, dari dulu ada 27 sekarang menjadi 12 klaster.

Jika ada direksi BUMN yang dipertahankan menurut Erick adalah mereka yang sesuai dengan road map itu. Masih ada 21 BUMN yang belum gonta-ganti pimpinan, apakah Erick Thohir masih lagi mengadakan pergantian selanjutnya?

Kita nantikan peristiwa menarik ini.

Jika ada serta merta pejabat BUMN yang sesuai dengan road map dan juga mempunyai KPI (Key Performance Indicator) yang cocok, maka menurut Erick mereka akan dipertahankan.

Mantan Ketua Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019 lalu itu mencontohkan Nicke Widyawati yang masih menjabat Direktur Utama Pertamina, tidak diganti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN