Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Kutuliskan lagu ini Kupersembahkan padamu Walau pun tiada indah, syair lagu yang kugubah Kuingatkan kepadamu, akan janjimu padaku

Selanjutnya

Tutup

Sehatdangaya Pilihan

Aman Berpuasa bagi Penderita Diabetes

6 Mei 2019   11:11 Diperbarui: 6 Mei 2019   11:21 0 1 0 Mohon Tunggu...
Aman Berpuasa bagi Penderita Diabetes
hellosehat.com

Bulan suci telah tiba, bulan penuh Rahmat dan ampunan, dimana seluruh umat Muslim diwajibkan untuk menjalankan puasa. Karena menjalankan puasa di bulan Ramadhan adalah ibadah.

Tak terkecuali bagi Anda penderita diabetes. Namun khusus, puasa bagi Anda penderita diabetes harus dipersiapkan dengan berbeda.

Hal ini disebabkan karena puasa bagi Anda merupakan tantangan tersendiri. Karena puasa dapat mengakibatkan gula darah menjadi tidak terkontrol. Gula darah yang tidak terkontrol bisa menyebabkan komplikasi, di antaranya ketoasidosis diabetik dan hipoglikemia.

Puasa boleh dilakukan oleh penderita diabetes dengan syarat-syarat tertentu. Ketetentuan tersebut adalah, yang pertama, pola makan harus sesuai dengan kebutuhan, tidak berlebihan dan juga harus menjaga asupan kalori.

Kedua, mengonsumsi obat dengan lebih tepat waktu.

Dan yang ketiga, dianjurkan pula agar melakukan olahraga ringan 10-15 menit setiap hari.

Jika hal di atas sudah diterapkan, penderita diabetes dapat melakukan puasa dengan lancar.

Tapi, tidak diperbolehkan berpuasa jika Anda penderita dengan komplikasi berat yang mengharuskan melakukan pengobatan dengan minum obat setiap 6 jam sekali.

Penderita diabetes harus menjalankan puasa dengan persiapan yang benar-benar baik. Karena kalau kandungan gula darah tidak terkontrol bisa membahayakan.

Anda harus konsultasi dengan dokter untuk menjaga kadar gula tetap terkontrol dengan baik. Karena penderita diabetes harus diet lebih ketat dari orang lain.

Patuhi anjuran dokter Anda saat melakukan puasa. Dokter akan menganjurkan karena insulin yang biasa terbentuk dengan lebih banyak, saat puasa risiko hipoglikemia bisa muncul. Selain hipoglikemia, kadar gula darah juga berpotensi meningkat yang dapat membahayakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3