Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Ngopi dulu ☕

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Luke Perry Tak Kuasa Menahan Serangan Stroke

6 Maret 2019   05:00 Diperbarui: 6 Maret 2019   05:56 112 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Luke Perry Tak Kuasa Menahan Serangan Stroke
Aktor serial Beverly Hills 90210 Luke Perry meninggal (indopos.co.id)

Bagi Anda yang pernah menonton dan penggemar film serial "Beverly Hills 90210" yang tren di era 1990an, Anda mungkin masih ingat Dylan McKay, seorang pemeran karakter di film tersebut. Peran Dylan McKay dimainkan oleh Luke Perry. 

Luke Perry yang sebelumnya dikabarkan masuk rumah sakit karena serangan stroke. Namun Luke Perry tidak mampu berjuang melawan stroke-nya, ia akhirnya menghembuskan nafas terakhir Senin lalu.

Serangan otak, atau populer disebut dengan stroke, adalah situasi dimana darah terhenti dan tidak dapat mengalir ke otak. Dengan situasi demikian sel otak akan mati.

Medicine Plus membagi stroke menjadi dua, yaitu stroke hemoragik dan stroke iskemik.

Stroke hemoragik disebabkan oleh pembuluh darah yang pecah dan mengakibatkan otak mengalami pendarahan. Sedangkan stroke iskemik, aliran darah ke otak mampet dikarenakan banyaknya gumpalan darah.

Stroke menjadi pembunuh nomor lima terbanyak di Amerika Serikat. Sedangkan di Indonesia, stroke menjadi penyebab utama kematian. Tercatat pada 2003 terdapat 300.000 kasus stroke di Indonesia dan semakin meningkat setiap tahunnya.

Data BPJS Kesehatan menyebutkan terdapat 2.075.448 kasus stroke di periode Januari hingga Desember 2018 dengan memakan biaya mencapai Rp 2,56 miliar.

Di Indonesia, kasus yang paling sering terjadi adalah pembuluh darah yang pecah di otak disebabkan terlalu tingginya tekanan darah. Penderita stroke biasanya baru mengunjungi rumah sakit untuk pengobatan setelah dalam kondisi parah. Yang mana mengakibatkan penanganan lebih sulit dan dibutuhkan pemeriksaan yang lebih komprehensif.

Kebiasaan merokok menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit stroke. Selain itu juga tekanan darah yang tinggi. Kebiasaan merokok dan tekanan darah tinggi merupakan faktor yang masih bisa dikontrol. Faktor yang tak dapat dikontrol adalah faktor usia.

Konsultasikan dengan dokter tentang riwayat dan faktor risiko kesehatan Anda, karena menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke, delapan dari sepuluh kasus stroke dapat dicegah.

Beberapa hal yang menyebabkan seseorang memiliki risiko yang lebih tinggi terserang stroke di antaranya adalah faktor usia, kurang berolahraga, minum alkohol, merokok, mengonsumsi makanan tidak sehat, riwayat kesehatan, dan juga riwayat keluarga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x