Mohon tunggu...
Rudi Suryadinata
Rudi Suryadinata Mohon Tunggu... Administrasi - Pekerja Keras

Hobi Olahraga Badminton & Futsal

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Ilmu SDM di Bangku Perkuliahan

30 Juli 2021   15:09 Diperbarui: 30 Juli 2021   15:36 237
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Surabaya (30 Juli 2021), Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan pengetahuan yang sangat penting bagi mahasiswa/i yang akan menginjak dunia kerja karena ruang lingkup sumber daya manusia itu cukup luas menyangkut seluruh kegiatan dunia pekerjaan seorang karyawan/pekerja. Saya Rudi Suryadinata dari salah satu perusahaan yang sedang melanjutkan perkuliahan dari jenjang Diploma3 (D3) ke Strata 1 (S1) pada Kampus STIAMAK Barunawati (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan Kepelabuhanan), saya mengambil jurusan administrasi bisnis, jurusan yang jaul dari jurusan saya sebelumnyanya yaitu Kesehatan Lingkungan. Bingung yaa.....bingung yaa....sama saya juga sempat bingung diawal saat mendaftar hehehe

Singkat cerita saya mendapatkan kesempatan beasiswa dari perusahaan untuk melanjutkan studi ke jenjang strata 1 (S1), beasiswa ini untuk pegawai yang terpilih dan jurusannya pun tidak bisa dipilih jadi karena saya sudah komit berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan maka saya harus menjalani ini semua dengan profesional.

Nah....saat ini saya menjalani semester II karena mahasiswa transfer jadi bisa mengambil mata kuliah disemester IV, di semester IV ini saya mendapat kesempatan belajar mata kuliah Sumber Daya Manusia (SDM) yang saya belum dapat sebelumnya di kampus sebelumnya. Bapak Nugroho Dwi P.,MSc, beliau adalah dosen saya yang mengajar mata kuliah SDM, beliau sangat expert karena pengalaman beliau sangat banyak tentunya salah satu pengalaman mengelola SDM di Perusahaan Plat Merah PT Pelindo III berarti tidak diragukan lagi donk ilmu beliau.

Seperti yang saya katakan diatas, SDM mempunyai ruang lingkup yang cukup luas seperti  :

  1. Perencanaan SDM sesuai kebutuhan perusahaan
  2. Program rekrutmen dan seleksi pegawai untuk mendapatkan karyawan yang berkompeten
  3. Orientasi pekerja dalam pembentukan budaya/etika kerja
  4. Pengembangan SDM dengan pelatihan pengetahuan dan kemampuan/sklill 

masih banyak lagi ilmu sumber daya manusia yang harus didalami bila ingin expert seperti beliau, Pak Nugroha dalam menyampaikan perkuliah SDM sangat detail. Bukan hanya materi saja yang disampikan beliau tetapi contoh penerapannya yang sudah dijalankan oleh perusahaan pun ditunjukan secara real dengan mengadakan sharing seassion dengan pengelola SDM PT Pelindo III yaitu Senior Manager Strategi dan Kesisteman SDM. Apa yang disampaikan sama persis dengan apa yang diajarkan oleh pak Nugroho jadi benar-benar kita bisa meraskan langsung di dunia kerja. 

Istilahnya sambil bekerja sambil berjalan......sekali mendayung tiga pulau terlampaui hehehe....


Pesan singkat, belajar itu tidak ada batas umurnya....semakin banyak kita belajar maka semakin banyak pengetahuan yang kita dapat.

Demikian Sharing saya hari ini, Terima Kasih STIAMAK Barunawati yang memberikan kesemapatan menuntut ilmu baru yang belum saya dapat sbelumnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun