Mohon tunggu...
Rudiansyah
Rudiansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Albanasir

Rudiansyah seorang pemuda asal kota Pontianak yang kini berstatus sebagai mahasiswa di sebuah kampus di Kalimantan Barat. Ia hobi membaca buku dan menulis di beberapa media massa.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pentingnya Literasi

25 Januari 2022   19:02 Diperbarui: 25 Januari 2022   19:05 126 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Di dunia ini sangat banyak kajian-kajian keilmuan atau riset yang telah dilakukan. Hasilnya tentu yang dinikmati oleh semua umat manusia saat ini berupa ilmu pengetahuan. Namun, di alam semesta ini masih banyak ilmu pengetahuan yang masih belum terungkap.

Dengan berbagai ilmu pengetahuan yang sangat berkembang saat ini yang disertai perkembangan teknologi informasi. Manusia dapat mengakses dimana dan kapanpun ilmu pengetahuan salah satunya menggunakan jaringan internet di gawai mereka sendiri. Di sinilah letak kemampuan seseorang dalam dunia literasi

Namun, kembali kepada pribadi masing-masing. Jika mengganggap dunia literasi khususnya membaca itu penting. Tentu pengguna tersebut memanfaatkannya dengan menggali informasi-informasi ilmiah di dalamnya.

Saat ini dunia digital sudah dimuat berbagai informasi termasuk bahan bacaan untuk menambah pengetahuan atau wawasan. Jika tidak membaca menggunakan media buku bisa juga menggunakan buku-buku digital yang tersedia di gawai pengguna. Dalam hal membaca bisa dilakukan di mana dan kapan saja. 

Terlepas dari itu, sangat penting untuk menyisihkan sebagian waktu dari padatnya aktivitas untuk membaca. Memang bukanlah aktivitas yang mudah untuk dilakukan. 

Terkadang ketika membaca saja mata mulai redup, sayup, bahkan tertidur di atas buku tersebut tanpa disadari. Hal tersebut memang lumrah bagi pemula untuk membiasakan dirinya untuk hobi membaca. Namun, jika dilakukan secara continue tentu akan terbiasa.

Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari membaca. Namun, sebelum membaca harus bisa menentukan genre buku apa yang menjadi kesukaannya untuk dibaca. Agar ketika membaca tidak merasa bosan atau jenuh terhadap isi buku tersebut. 

Oleh karena itu, sudah saatnya memanfaatkan gawai yang digunakan sehari-hari dimuat bahan-bahan bacaan didalamnya. Agar minat terhadap dunia literasi khususnya membaca lebih penting. Sehingga dapat menelurkan pemikiran-pemikiran yang lebih baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan