Mohon tunggu...
RSKO Jakarta
RSKO Jakarta Mohon Tunggu... Akun Kompasiana Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta

Akun Resmi Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta. One Stop Service Layanan Pengobatan dan Pemulihan Penyalahgunaan NAPZA / Narkoba dan kesehatan lainnya. Web : www.rskojakarta.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Menjaga Kebersihan Tangan, Apakah Karena Corona Virus Saja?

7 Februari 2020   09:57 Diperbarui: 7 Februari 2020   10:01 108 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menjaga Kebersihan Tangan, Apakah Karena Corona Virus Saja?
Deskripsi : Menjaga Kebersihan Tangan, Tidak Hanya karena Corona Virus I Sumber Foto : dokpri

Virus corona atau novel coronavirus dalam beberapa pekan terakhir sedang menjadi isu global. Virus tersebut bermula di Wuhan, dataran timur China, dan membuat banyak orang khawatir terhadap penyebarannya.

Bahkan demi menjaga agar virus ini tidak menyebar ke Indonesia, Pemerintah memulangkan warga negara Indonesia di Tiongkok dan untuk sementara waktu dilakukan pengecekan dan pengawasan kesehatan di kepulauan Natuna.

Novel coronavirus merupakan virus baru, sehingga sampai saat ini belum ditemukan vaksin dan obat untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit tersebut.

Agar virus corona menyebar, untuk itu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan standar rekomendasi bagi masyarakat untuk mencegah penularan virus corona.

Standar tersebut terhitung sangat mudah, antara lain dengan memakai masker, hindari kontak langsung dengan penderita, makan makanan yang sehat, dan tak lupa untuk menjaga kebersihan tangan.

Maka dari itu, sangat diperlukan tindakan preventif agar tak terinfeksi. Salah satunya dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan menjaga kebersihan tangan. Begitupun bagi petugas kesehatan yang menjalankan pengabdian di fasilitas kesehatan, salah-satunya Rumah Sakit.

Menjaga Kebersihan Tangan sejatinya bukan hanya untuk prevensi kesehatan terhadap penyebaran Corona Virus aja. Sebab ketika tangan Anda bersih, Anda dapat mencegah bakteri untuk menyebar ke bagian tubuh kita atau ke orang lain.

Deskripsi : IPCN RSKO Jakarta, Ns.Durakmal, S.Kep I Sumber Foto : dokpri
Deskripsi : IPCN RSKO Jakarta, Ns.Durakmal, S.Kep I Sumber Foto : dokpri
IPCN (infection Prevention Control Nurse) RSKO Jakarta, Ns.Durakmal, S.Kep mengungkapkan "Kebersihan tangan itu sangat penting bagi tenaga kesehatan dan petugas yang berkerja di Rumah Sakit maupun Fasilitas Kesehatan. 

Jangan Lupa kebersihan tangan itu juga penting untuk masyarakat umum yang mana tujuannya juga untuk memutus mata rantai penularan infeksi serta menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, sarung tangan, pelindung mata, tutup kepala, gaun pelindung dan sepatu pelindung " ungkapnya di ruang Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi, lantai 3 RSKO Jakarta (5/02/2019).

Tambahnya, kampanye tentang menjaga kebersihan tangan menjadi topik penting semenjak kasus Corona Virus. Masyarakat mulai tersadar karena semua kuman bermula dari tangan.

Tangan kita ini bisa bisa bergerak ke mana-mana dan menyentuh / memegang apa saja. Tangan merupakam anggota tubuh yang bisa sampai ke mana saja. Dari situ, terkadang kita lupa untuk mencuci tangan lalu mengucek mata, hidung, serta memegang makanan dan memasukkannya ke dalam mulut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x