Mohon tunggu...
RSKO Jakarta
RSKO Jakarta Mohon Tunggu... Akun Kompasiana Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta

Akun Resmi Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta. One Stop Service Layanan Pengobatan dan Pemulihan Penyalahgunaan NAPZA / Narkoba dan kesehatan lainnya. Web : www.rskojakarta.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Realisasi Pencegahan Penyakit Tidak Menular di RSKO Jakarta

18 September 2019   09:42 Diperbarui: 18 September 2019   09:49 0 0 0 Mohon Tunggu...
Realisasi Pencegahan Penyakit Tidak Menular di RSKO Jakarta
Deskripsi :Sharing Session merupakan waktu yg tepat bagi pasien Napza/Narkoba dalam mengelola stres I Sumber Foto : RSKO Jakarta

Halmahera House sebagai rumah rehabilitasi selain sebagai lokasi pengobatan juga sebagai lokasi pemulihan perilaku pecandu Napza/Narkoba. Perilaku pecandu cendrung tidak sehat seperti mengindahkan kebersihan tempat dia tinggal (kamar dan rumah), kebersihan diri, dan perilaku negatif pecandu (berbohong, melawan aturan, mencuri, dll).

Untuk itu tim RSKO Jakarta yang melaksanakan tugas sebagai dokter, paramedis, konselor & petugas lainnya terlibat dalam pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), pemberian pengetahuan Cegah Penyakit Tidak Menular dan Pengendalian Penyakit. RSKO Jakarta berupaya ada nya keterlibatan semua pihak dalam meningkatkan Germas termasuk pasien sendiri.

Kementerian Kesehatan RI menggalakkan tiga hal perilaku hidup sehat diantaranya aktifitas fisik 30 menit di pagi hari, konsumsi sayur dan buah serta pemeriksaan kesehatan. RSKO Jakarta sebagai ujung tombak kesehatan bagi pecandu Napza/Narkoba dalam masa rehabilitasi berupaya berinovasi dilapangan dalam upaya promotif dan preventif Penyakit Menular maupun Penyakit Tidak Menular.

Sebagai fasilitas kesehatan yang memberikan pelayanan rawat inap jangka panjang (3 s/d 6 bulan), tim kesehatan RSKO Jakarta sadar atas pentingnya aktifitas fisik 30 menit setiap hari, konsumsi sayur dan buah, memeriksakan kesehatan, tidak merokok, tidak konsumsi alkohol, rutin membersihkan lingkungan sendiri, dan yang pasti tidak menggunakan Napza/Narkoba. Namun pasien disadarkan, itu kembali harus dimulai dari diri sendiri.

Masalah kesehatan pasien pecandu Napza/Narkoba patut di tangani secara bersama - sama, di Halmahera House dilaksanakan oleh Tim Asuhan. Ada pendekatan pribadi atau individu, pendekatan komunitas dan pendekatan lingkungan. CERDIK pun dipraktikkan yang merupakan bagian dari Germas.

CERDIK memiliki makna tiap hurufnya. Makna tersebut tak jauh dari cara hidup sehat untuk mencegah dan meminimalisir penyakit tidak menular. CERDIK adalah slogan kesehatan yang setiap hurufnya mempunyai makna yaitu; C=Cek kesehatan secara berkala, E=Enyahkan asap rokok, R=Rajin aktifitas fisik, D=Diet sehat dengan kalori seimbang, I=Istirahat cukup dan K= Kelola stress.

Adapun stategi rehabilitasi narkoba cegah Penyakit Tidak Menular di Halmahera House, sebagai berikut;

_

1. Cek Kesehatan Secara Berkala

Halmahera House merupakan salah-satu bangsal di RSKO Jakarta. Pasien yang berada di Halmahera House bukanlah pasien bed rest. Mereka seperti orang normal pada umumnya yang sehat secara fisik dan mampu beraktifitas.

Walaupun begitu, bangsal Halmahera House menyiapkan dokter jaga dan perawat di ruang medis. Pasien di edukasi bila mereka mengalami keluhan kasehatan harus segera melapor ke ruangan medis untuk dilakukan test kesehatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
KONTEN MENARIK LAINNYA
x