Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Cherry Picking, Pengaburan Logika dan Hoax

18 Juni 2021   11:26 Diperbarui: 18 Juni 2021   16:37 249 49 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cherry Picking, Pengaburan Logika dan Hoax
Ilustrasi cherry picking: businesstoday.in/Tripti Kedia

Jika kita amati dengan seksama maka hoax yang sengaja disebarkan salah satu sumbernya adalah  tindakan yang dinamakan Cherry Picking.

Secara hafiah Cheery picking itu berarti memetik buah Cherry. Tentunya pemetik buah Cherry tersebut memilih buah tertentu sesuai dengan keinginannya, misalnya yang merah dan matang serta menarik atau bahkan bisa saja memilih yang setengah matang atau yang masih hijau dan pahit.

Apa itu Cherry Picking?

Cherry picking dikategorikan sebagai tindakan yang disengaja ataupun tidak disengaja untuk memilih data atau fakta yang diinginkan saja dan menyembunyikan atau mengabaikan sebagian besar fakta lain yang tidak sesuai dengan keinginan orang yang menyebarkan fakta dan informasi tersebut.

Istilah Cherry Picking memang dilakukan untuk memilih informasi atau data tertentu untuk mendukung pendapat tertentu yang biasanya kontroversial.

Cherry picking saat ini banyak sekali digunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk menyebar berita kontroversial yang lebih mengarah pada hoax.

Sayangnya banyak orang yang terpana dengan tindakan cherry picking yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok sehingga menganggapnya sebagai kebenaran informasi yang disampaikan itu dianggap absolut.

Padahal jika dilihat dari data dan informasi secara keseluruhan, maka fakta yang sebenarnya terjadi jauh sekali dari informasi yang disebarkan melalui tindakan cherry picking ini.

Akutnya Cherry Picking

Tindakan cherry picking ini memang sudah meluas dihampir semua kalangan termasuk ilmuwan sekalipun.

Dalam mendukung posisi ataupun pendapat tertentu yang biasanya kontroversial tidak jarang ilmuwan juga melakukan tindakan cherry picking dengan sengaja mengabaikan fakta yang sebenarnya dan bertentangan dengan pendapatnya,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x