Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Isi "God Letter" Einstein yang Terjual 58,5 Milyar

10 Desember 2018   15:59 Diperbarui: 10 Desember 2018   16:22 769 18 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Isi "God  Letter" Einstein yang Terjual 58,5 Milyar
Einstein dan god letter nya. Photo: starofmysore.com

Minggu lalu  satu setengah  lembar  surat tulisan tangan Albert Einstein baru saja terjual seharga Rp 58,5 milyar di balai lelang bergengsi Christie. Surat yang dikenal dunia sebagai "God Letter" ini ditulis oleh Einstein pada bulan Januari 1954 yaitu setahun sebelum dia meninggal dunia.

Surat yang ditulis Einstein yang  ditujukan kepada seorang ahli filsafat bernama Eric Gutkind pada intinya berisi pandangan Einstein terhadap agama dan ilmu pengetahuan serta berisi juga pandanganya terkait alam semesta dan arti kehidupan.

Surat Einstein ini ditulisnya setelah membaca buku  "Choose Life: The Biblical Call to Revolt" yang ditulis oleh Erik Gutkind. Einstein membaca buku ini atas rekomendasi dan dorongan teman dekatnya yang bernama Luitzen Egbertus Jan Brouwer.

Menurut catatan sejarah Einstein yang merupakan Yahudi Jerman  kehilangan keyakinannya akan tuhan di usia mudanya dan oleh beberapa kalangan dikenal sebagai orang yang tidak percaya akan adanya tuhan.

Sumber: Reuters/Now The End Begins
Sumber: Reuters/Now The End Begins
Di dalam surat tersebut Einstein menegaskan jati dirinya dirinya sebagai seorang Yahudi namun sekaligus menyebut dirinya sebagai Judaism.

Di dalam surat tersebut Einstein's  ada dua  alenea yang paling banyak menjadi perhatian dunia yang terkait dengan jati dirinya dan juga pandangannya terhadap agama dan tuhan.  Kedua alenea tersebut adalah :

    "The word God is for me nothing but the expression and product of human weaknesses, the Bible a collection of venerable but still rather primitive legends,"

........

    "For me the Jewish religion like all other religions is an incarnation of the most childish superstition,"

Beriku adalah isi lengkap "God letter"

Dear Mr Gutkind,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x