Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Memanfaatkan Tren Air Kelapa Sebagai Minuman Kesehatan Dunia

8 Januari 2017   09:58 Diperbarui: 8 Januari 2017   10:16 1124 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memanfaatkan Tren Air Kelapa Sebagai Minuman Kesehatan Dunia
Air kelapa murni dalam kemasan sebagai minuman kesehatan. Photo: www.foodshow.co.nz

Menurut data kementerian perindustrian, Indonesia merupakan produsen kelapa terbesar di dunia dengan luas area tanaman kelapa mencapai 3,88 juta ha. Dengan skala industri sebesar itu, maka dapat kita bayangkan  berapa juta liter air kelapa yang tidak dapat dimanfaatkan dan terbuang percuma  dari industri kelapa Indonesia ini.

Salah satu yang memuat air kelapa ini terus terbuang percuma adalah tidak dapatnya memanfatkan peluang pasar dan juga teknologi pendukung  untuk memanfaatkan air kelapa ini menjadi minuman kemasan.

Kejelian membaca tren

Saat ini dunia memang dilanda dengan “demam” minuman kesehatan, salah satu minuman yang diprediksi akan menjadi semakin popular adalah minuman air kelapa kemasan.

Air kelapa memang pantas untuk disejajarkan sebagai minuman alami yang sangat bagus bagi kesehatan.  Dengan slogan air kelapa sebagai “Water of Life” secara perlahan air kelapa kemasan mulai masuk dalam kelompok minuman kesehatan yang menujuang pola hidup sehat yang melanda dunia.

Dibuat berbagai flavour untuk mengadopsi selera tapi tetap alami. Photo: www.coconutwateraustralia.com.au
Dibuat berbagai flavour untuk mengadopsi selera tapi tetap alami. Photo: www.coconutwateraustralia.com.au
Kepandaian perusahan internasional di Australia yang tentunya bukan produsen kelapa memanfaatkan peluang ini memang patut diacungi jepol karena dapat menjual ide air kelapa sebagai minuman kesehatan.

Penggunaan slogan “Water of Life” untuk menggambarkan manfaat alamiah air kelapa ini memang didukung oleh kandungan nutrien air kelapa alami.  Produk alami memang sedang digemari masyarakat pencinta kesehatan. 

Sederetan fakta hasil analisa dipampang di kemasan air kelama ini seperti:

  • tidak menggunakan bahan pengawet,
  • tidak ditambahkan zat additif,
  • tidak ditambahkan gula,
  • tidak mengandung kolesterol,
  • tidak mengandung lemak jenuh
  • dibuat secara alami,
  • secara alami tidak mengandung gluten,
  • bebas dari laktosa dan produk dari susu,
  • tidak mengandung kolesterol,
  • sumber potassium , serta
  • dapat mengatasi dehidrasi dengan cepat.

Kepandaian pelaku industri ini dalam menjual keunggulan air kelapa sebagai minuman alami memang sangat luar biasa terutama dalam hal menjual memurnian air kalapanya.

Indonesia sebenarnya berpeluang untuk menjadi pelaku utama minuman kesehatan dari air kelapa ini karena memang pruduksi air kelapanya melimpah dan selama ini kurang dimanfaatkan.

Dengan ketersediaan bahan baku yang berlimpah ini sudah waktunya pelaku industri di Indonesia masuk dan berperan aktif dalam industri  air kepala kemasan sebagai minuman kesehatan alami.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x