Otomotif

Inilah Cara Bagaimana Merawat Extra Fan yang Benar

2 Juni 2018   14:51 Diperbarui: 2 Juni 2018   15:26 1864 0 0
Inilah Cara Bagaimana Merawat Extra Fan yang Benar
Dokumentasi Pribadi

Extra fan atau akrab disebut kipas tambahan berfungsi untuk mendinginkan kabin. Selama extra fan dihidupkan, suhu udara yang dihembuskan di dalam kabin akan meningkat. Sehingga kenyamanan berkendara juga akan meningkat. 

Kebalikannya, tidak berfungsinya extra fan akan membuat suhu di dalam kabin terasa panas. Berkendara pun jadi tidak nyaman. Baik supir maupun penumpang, keduanya pasti akan gelisah saat berada di dalam mobil.

Salah satu konsumen pernah bertanya, "kenapa extra fan tidak berfungsi alias mati?" Pertanyaan yang sana juga pasti terlintas di pikiran Anda. Untuk mengetahui jawabannya, kita harus mengetahui sistem kerja dari ac mobil terlebih dahulu.

Kita pasti tahu, extra fan akan bekerja secara otomatis setiap kali ac mobil dihidupkan. Pada saat ini pula, kinerja extra fan dapat langsung diukur berdasarkan sensor yang disematkan pada air radiator. Pada saat extra fan tidak berfungsi atau mati, sensor tersebut akan memberikan sinyal kalau extra fan sedang mati.

Apa Dampak Terburuk Kalau Extra Fan Mati?

Kerusakan pada salah satu komponen ac jelas membuat suhu di dalam kabin jadi tidak karuan. Termasuk kerusakan pada extra fan ac mobil. Suhu yang mulanya dingin tiba-tiba berubah jadi panas karena tidak beresnya sistem kerja pada extra fan tersebut. 

Padahal, kita semua tahu kalau extra fan inilah yang mempercepat proses pendinginan freon. Kalau extra fannya saja rusak, komponen mana lagi yang dapat menambah sirkulasi udara di dalam mobil? Jawabannya simpel, tidak ada.

Mengapa extra fan tidak berfungsi atau mati?

a. Extra fan terlalu berdebu

Tak dapat dipungkiri memang, setiap komponen ac mobil tak pernah lepas dari namanya debu dan kotoran. Tingginya aktivitas gas polutan di udara secara otomatis akan membuat kabin Anda berdebu, lalu extra fan datang menghisap debu-debu tersebut. Untuk mencegah hal ini, alangkah baiknya jika Anda selalu menutup kaca mobil setiap kali mengemudi dengan mobil kesayangan

b. Jarak radiator dengan kondensor terlalu dekat

Kita mungkin beranggapan kalau letak komponen ac yang berdekatan dapat menambah suhu udara di dalam kabin. Benarkah? Tentu saja tidak! Malah dekatnya jarak antara komponen ac yang satu dengan yang lainnya dapat memicu udara panas di dalam kabin. Kenapa? Ketika extra fan tidak mampu menghisap dan menghembuskan udara dingin dari luar, suhu kondensor akan otomatis meningkat. Peningkatan suhu inilah yang diserap cepat oleh bagian radiator, sehingga mesin mobil overheating.

Kalau mesin mobil overheating, apa langkah yang dapat Anda lakukan? Silahkan matikan ac milikmu. Diamkan mobil kira-kira 10 -- 15 menitan. Kenapa dimatikan? Karena kinerja dari ac mobil akan berpengaruh otomatis ke bagian mesinnya. Apabila dibiarkan terus-menerus, yang ada mesin dan ac mobil akan korslet dan tidak dapat berfungsi lagi.

Berapa lama waktu untuk mematikan ac mobil sebenarnya menyesuaikan saja. Kalau ternyata mesin mobil kembali normal dalam waktu 5 menit saja, Anda diperbolehkan menghidupkan kembali ac tersebut dan rasakan hembusan udara sejuk yang dikeluarkan.

Bagaimana Cara Merawat Extra Fan yang Benar?

1. Merawat Air Radiator

Seperti yang sudah dijelaskan di paragraf ketiga, air radiator dapat digunakan untuk mengetahui bekerja atau tidaknya extra fan. Pada saat air radiator rusak, kita tidak dapat lagi mengetahui apakah extra fan berfungsi atau mati. Alhasil, pembongkaran pun perlu dilakukan untuk memastikan kinerja dari extra fan.

Pengecekan extra fan terus-menerus tentu menguras energi. Belum lagi kemungkinan rusaknya komponen ac lainnya akibat keteledoran kita. Daripada terlalu beresiko, sebaiknya bawa mobilmu ke bengkel saat sesuatu terjadi pada air radiatornya.

2. Menambah Air Radiator Secara Rutin

Radiator ac dapat bekerja dengan baik jika didukung oleh air radiator yang cukup. Saat air radiatornya habis, kebanyangkan betapa sulitnya radiator ac bekerja. Agar kinerja radiator tetap prima, alangkah baiknya jika Anda selalu mengisi air radiator secara rutin. Anda bisa menyiapkan botol khusus air radiator di pojok mobil. Pastikan botolnya berisi ya bukan kosong.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2