Mohon tunggu...
Ros Paulina
Ros Paulina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Kimia Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UNDIP Membuat Disinfektan dari Bahan Alami dan Sosialisasi Narkoba di Tengah Pandemi

2 Agustus 2021   22:12 Diperbarui: 2 Agustus 2021   22:21 110 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UNDIP Membuat Disinfektan dari Bahan Alami dan Sosialisasi Narkoba di Tengah Pandemi
Brosur tata cara pembuatan disinfektan dari bahan alami dan qrcode video tutorial pembuatan disinfektan dari bahan alami (Sumber: Dokumen Pribadi).

KKN Tim II periode 2021 bertempat di Desa Gembyang, Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang. Pada kesempatan KKN ini program yang diusung adalah program pembuatan disinfektan dari bahan alami serta sosialisasi dan edukasi narkoba ditengah pandemi.

Program pembuatan disinfektan dari bahan alami ini merupakan suatu program yang diusung untuk mengajarkan masyarakat Desa Gembyang membuat disinfektan dari bahan alami yang dapat dengan mudah ditemukan dilingkungan desa guna mencegah penyebaran covid-19 yang diselenggarakan dari Hari Kamis, 22 Juli hingga Jumat, 23 Juli 2021. 

Kasus covid-19 yang semakin meningkat tiap harinya di akhir-akhir ini menyebabkan pemerintah memberlakukan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). PPKM ini bertujuan untuk mengurangi interaksi baik pertemuan antara orang dengan orang maupun pertemuan kelompok dengan kelompok lainnya, hal ini diharapkan kasus covid-19 dapat berkurang. Cara untuk menghindari diri dari bahaya wabah ini yang awalnya pemerintah menggencarkan gerakan 5M kini menjadi 6M yaitu :

  • Mencuci tangan
  • Memakai masker
  • Menjaga jarak
  • Menjauhi kerumunan
  • Mengurangi mobilitas
  • Menghindari makan bersama

Selain mematuhi protokol kesehatan dan gerakan 6M, hal lain yang tak kalah penting adalah menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari kuman dan penyakit di masa pandemi. 

Salah satunya adalah dengan membersihkan benda-benda yang sering kita pegang dengan disinfektan. Bahkan seperti saat ini terjadi pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), disinfektan sangat diperlukan karena dapat memperlambat hingga memutus mata rantai penyebaran penyakit khususnya di Desa Gembyang, Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang. Pelaksanaan kegiatan

Menurut ahlinya disinfektan adalah senyawa kimia yang digunakan untuk membunuh mikroorganisme di permukaan benda mati disekitar kita seperti meja, westafel, smartphone dan lain-lainnya. Antiseptik yang kuat dapat dialihfungsikan menjadi disinfektan contohnya adalah fenol yang dapat digunakan sebagai antiseptik maupun disinfektan.

Disinfektan dapat dibuat dengan bahan alam yang mudah ditemukan dikehidupan sehari-hari contohnya daun sirih dan jeruk nipis. Telah diteliti bahwa daun sirih mengandung senyawa kimia saponin yang dapat merusak membran sitoplasma dan membunuh sel mikroba. 

Serta mengandung senyawa kimia flavonoid yang memiliki mekanisme kerja mendenaturasi protein sel bakteri dan merusak membran sel tanpa dapat diperbaiki lagi. 

Daun sirih dengan konsentrasi lebih dari 15% sama efektifnya dengan etanol yaitu memiliki kemampuan membunuh bakteri.Sedangkan dalam jeruk nipis memiliki efek antimikroba dari jeruk nipis dalam menghambat beberapa mikroorganisme seperti Staphylococcus aureus dan Klebsiella pneumonia.

Disinfektan dari daun sirih dan jeruk nipis ini dapat dibuat sendiri dirumah. Berikut cara membuat disinfektan dari daun sirih dan jeruk nipis.

  • Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Alat-alat yang dibutuhkan antara lain botol spray, gunting, panic, mangkok stainless steel, saringan dan gelas ukur. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain daun sirih, jeruk nipis dan air.
  • Langkah pertama adalah cuci daun sirih, lalu diangin-anginkan supaya kering, dan dipotong kecil-kecil.
  • Masukkan 50 gram (20 lembar) daun sirih ke dalam mangkuk dan tuangkan air panas 200 ml, kemudian rendam beberapa saat.
  • Steam dalam panci dengan api kecil selama 30 menit, kemudian saring.
  • Tambahkan 75 ml air hasil saringan daun sirih dengan 8 ml perasan jeruk nipis.
  • Kemudian tambahkan air hingga 100 ml dan masukkan ke dalam botol spray.

Kemudian beberapa area rumah yang perlu didisinfeksi dengan produk disinfektan yang telah dibuat adalah area yang paling kotor dan tersentuh banyak orang antara lain keran air, gagang pintu, handphone/telepon, toilet, westafel, meja dan sakelar lampu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x